Sukses

Tingkatkan Kompetensi Pendidik, ESN Jilid 2 Kembali Digelar di Samarinda

Kegiatan Educators Sharing Network sebelumnya yang telah dilaksanakan pada Mei 2023 lalu berhasil mengimbaskan kepada 450 guru di Kota Samarinda dan sekitarnya.

 

Liputan6.com, Jakarta - Educators Sharing Networks (ESN) jilid 2 kembali diselenggarakan di Kota Samarinda, pada 2-11 Mei 2024 lalu melalui program Ekosistem Pendidik Profesional (EPP) Kota Samarinda. Agenda tersebut sebagai komitmen PT Sarana Multi Infrastruktur dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Kegiatan ini selaras dengan wujud kepedulian sosial Perusahaan di bidang pendidikan utamanya di kota Samarinda selama 2 tahun terakhir. Pada akhirnya kami berharap adanya peningkatan kompetensi pendidik di kota Samarinda," kata AVP Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) Hendriko Leonard Wiremmer.

Pada kegiatan ini, terdapat 30 diseminator program secara aktif berperan untuk berbagi ilmu dan praktik baiknya kepada peserta diseminasi.

Terhitung terdapat 520 peserta yang hadir pada kegiatan tersebut. Peserta merupakan guru berasal dari jenjang PAUD, SD dan SMP di Kota Samarinda. 80% diantaranya merupakan guru golongan muda yang baru lolos PPPK.

“Kami mengharapkan juga para guru muda ini bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman dari kegiatan ESN,” tambah Asli Nuryadin, Kepala Dinas Pendidikan Kota Samarinda.

Sejalan dengan tantangan para pendidik di Indonesia dalam implementasi Kurikulum Merdeka, maka para diseminator turut membawakan materi yang berkorelasi dengan implementasi Kurikulum Merdeka untuk mempersiapkan guru menyelenggarakan pembelajaran bermakna secara tepat seperti topik pembelajaran berdiferensiasi, asesmen dalam pembelajaran hingga pemanfaatan media pembelajaran di kelas.

Zulvia Afifatul Karima, seorang pesera ESN dari SDN 001 Loa Janan Ilir menjelaskan jika materi yang dibahas membantunya lebih memperdalam pemahaman tentang IKM.

"Saya memang mengetahui jika komponen di dalam IKM sangat banyak sehingga membuat saya sering bingung. Di kegiatan ini para diseminator membahas materi secara komprehensif, itu yang saya cari,” ucapnya.

“Materi yang saya terima selama kegiatan akan menjadi bekal saya dalam melakukan pembelajaran di kelas atau terus mengimbaskan juga ke guru-guru di sekolah saya," tambah Zulvia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Ekosistem Pendidik Profesional (EPP) merupakan program inisiasi PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) sebagai bentuk kepedulian dan komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan, yang diawali dari pengembangan kompetensi 30 peserta program terpilih guna menjadi Fasitator Kota Samarinda.

Peserta program juga dilatih agar mampu melakukan survei kebutuhan pelatihan, mengembangkan modul dan melakukan fasilitasi secara mandiri.

Kegiatan Educators Sharing Network sebelumnya yang telah dilaksanakan pada Mei 2023 lalu berhasil mengimbaskan kepada 450 guru di Kota Samarinda dan sekitarnya.

“Dengan diadakannya program ini sangat membantu kami (Pemerintah Kota Samarinda) dalam melakukan pemerataan pendidikan di Kota Samarinda, sehingga saya mewakili Pemerintah Kota Samarinda sangat berterima kasih kepada PT Sarana Multi Infrastruktur telah memilih Kota Samarinda sebagai wilayah implementasi,” ucap Asli Nuryadin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.