Sukses

Gunung Semeru Meletus, Gubernur Khofifah Minta Warga Evakuasi Diri

Gunung Semeru di Jawa Timur meletus pada Sabtu sore (4/12/2021).

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meminta warga di sekitar Gunung Semeru untuk mengevakuasi diri ke lokasi yang aman. Hal itu menyusul kejadian erupsi yang terjadi di gunung berapi tersebut pada Sabtu (4/12/2021).

"Video serupa saya terima dari Bupati Lumajang, BPBD dan masyarakat sekitar. Saat ini sedang terjadi peningkatan aktivitas Gunung Semeru. Mohon masyarakat terdekat dapat mengevakuasi agar aman selamat," imbaunya lewat akun Instagram pribadi Khofifah, Sabtu (4/12/2021).

Khofifah memastikan BPBD Provinsi Jawa Timur sudah dikerahkan ke lokasi. Ia juga mengatakan akan ke lokasi pada Sabtu malam ini.

"Saat ini BPBD Provinsi sudah bergerak, BPBD Kabupaten Lumajang sudah merapat. Bupati Lumajang juga bergerak ke lokasi. Insyaallah malam ini saya ke lokasi. Mohon ikhtiar dan doa mugi selamet sedoyo," kata Khofifah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Awan Erupsi Membumbung Tinggi

Dalam sebuah video yang diunggah Khofifah menunjukkan awan kelabu membumbung tinggi menyelimuti Gunung Semeru di Jawa Timur.

Awan itu menutupi seluruh badan dan puncak gunung. Tampak dalam video, anak-anak dan warga berlarian untuk menjauh dari gunung.

"Ya Allah, Ya Allah...Allah...Ya Allah," sebut salah seorang dalam video tersebut.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.