Sukses

Bus Sering Kecelakaan, DPRD DKI Jakarta Panggil Direksi Transjakarta, Senin 6 Desember

Pemanggilan tersebut terkait sejumlah rekomendasi yang diberikan kepada Transjakarta untuk mengantisipasi kecelakaan.

Liputan6.com, Jakarta - xKetua Komisi B DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz berencana memanggil direksi PT Transjakarta terkait kecelakaan bus yang sering terjadi. Aziz menyatakan pemanggilan direksi Transjakarta dilakukan pekan depan.

"Kita sudah agendakan, jadi hari Senin (6/12/2021) siang kita akan panggil Transjakarta untuk menjelaskan," kata Aziz saat dihubungi, Jumat (3/12/2021).

Politikus PKS itu menyatakan pemanggilan tersebut terkait sejumlah rekomendasi yang diberikan kepada Transjakarta untuk mengantisipasi kecelakaan. Saat itu Komisi B merekomendasikan agar PT Transjakarta dapat melakukan pemeriksaan fisik pengemudi sebelum bekerja.

"Rekomendasi itu yang akan kita tanyakan, sudah berapa yang dijalankan," ucapnya.

Sebelumnya, sejumlah kecelakaan bus Transjakarta kembali terjadi pada beberapa bulan terakhir. Kecelakaan yang menjadi perhatian masyarakat yakni pada 25 Oktober 2021 di Cawang, Jakarta Timur.

Dalam peristiwa tersebut dua orang dinyatakan meninggal dunia dan puluhan orang luka-luka. Lalu kecelakaan terjadi pada Kamis (2/12/2021) bus Transjakarta menabrak pos polisi Sutoyo-PGC di Jalan Mayor Jendral Sutoyo, Cililitan, Jakarta Timur (Jaktim). Satu orang dilaporkan terluka.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harus Introspeksi

Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno angkat bicara mengenai sejumlah peristiwa kecelakaan yang melibatkan bus Transjakarta beberapa bulan terakhir. Insiden kecelakaan sesama bus Transjakarta pernah terjadi di Jalan MT Haryono, Jakarta Timur pada 25 Oktober 2021.

"Jajaran direksi PT Transjakarta harus introspeksi diri. Apakah sistem manajemen keselamatan sudah dijalankan Transjakarta," kata Djoko saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (3/13/2021).

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan pihaknya akan melakukan evaluasi terkait sejumlah rentetan kecelakaan bus Transjakarta. Evaluasi itu mulai dari para pekerja hingga keadaan bus.

"Kemarin tabrakan sekarang pos. Nanti akan kita evaluasi lebih lengkap dan menyeluruh apa sesungguhnya maslaah yang terjadi sehingga terjadi tabrakan dan nanti kita carikan solusi terbaik," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (2/12/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.