Sukses

Hari AIDS Sedunia, Ribuan Narapidana Rutan Kelas I Tangerang Dites HIV/AIDS dan TBC

Liputan6.com, Jakarta Memperingati Hari AIDS Sedunia, ribuan warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Rutan Kelas I Tangerang, dites HIV/AIDS dan TBC, Rabu (1/12/2021). 

Acara yang digelar di halaman Rutan Kelas 1 Tangerang ini meruapakan bentuk kerjasama antara pihak rumah tahanan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang. 

"Untuk memperingati Hari Aids sedunia, kami dengan rutan pun bekerja sama untuk mengadakan pengecekan ini. Dan tidak hanya HIV/AIDS saja, tapi kita juga lakukan pengecekan TBC. Total ada 1.153 narapidana," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi. 

Pengecekan dilakukan melalui metode tes darah. Dan nantinya, bila didapati narapidana yang positif terjangkit penyakit menular, maka akan dilakukan tindak lanjut dengan tes menyeluruh dan pemberian obat khusus.

2 dari 2 halaman

Screening Rutin Diperlukan

Sementara itu, Kepala Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas I Tangerang, Hilman mengatakan, screening penyakit menular sangat diperlukan pihaknya. Hal ini mengingat jumlah narapidana yang tidak sesuai dengan kapasitas ruangan.

"Kegiatan pengecekan ini sangat penting sekali bagi kami untuk bisa mengetahui kondisi kesehatan rutan. Karena, jumlah narapidana di kita (Rutan Kelas I Tangerang) itu diatas seribu, sedangkan kapasitas normal hanya 700, alhasil kondisi over kapasitas," katanya.

Dengan over kapasitas itu, lanjut Hilman, memungkinkan timbulnua penyakit-penyakit seperti TBC dan yang lainnya. Oleh karena itu diperlukan langkah screening rutin kepada narapidana tersebut.