Sukses

Bamusi PDIP: Nyinyiran Terhadap Puan Maharani Tak Bermanfaat bagi Bangsa

Aksi Puan Maharani menanam padi sambil hujan-hujanan bersama petani di DI Yogyakarta disindir sejumlah pihak.

Liputan6.com, Jakarta - Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi), organisasi sayap PDIP turut merespons berbagai sindiran yang dialamatkan kepada Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Seperti diketahui, belum lama ini aksi Puan Maharani menanam padi bersama para petani di area Persawahan Sendangmulyo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Kamis (11/11/2021) menuai sindiran dari sejumlah pihak.

Sekretaris Bamusi, Nasyirul Falah Amru atau Gus Falah mengatakan bahwa sindiran tersebut sama sekali tidak ada manfaatya bagi masyarakat.

"Apa yang ditunjukkan orang-orang itu sejatinya cuma nyinyir, yang tak ada faedahnya sama sekali bagi masyarakat, bangsa, bahkan bagi dirinya sendiri," ujar Gus Falah dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/11/2021).

Gus Falah menegaskan, Puan Maharani melaksanakan fungsinya sebagai pimpinan sebuah lembaga yang merepresentasikan rakyat. Menurut dia, Ketua DPR memang harus senantiasa menyerap aspirasi seluruh kalangan rakyat, termasuk petani.

Tak hanya itu, Bendahara Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini juga menegaskan, bahwa seorang Ketua DPR harus senantiasa menyelami suasana kebatinan rakyat.

"Dan diskusi, menyerap aspirasi dan menanam padi bersama petani sebagaimana yang dilakukan Mbak Puan itu adalah wujud upaya menyelami suasana kebatinan rakyat. Jadi hal itu  memang seharusnya dilakukan seorang Ketua DPR RI," ujar Gus Falah.

Gus Falah menyatakan, upaya Puan Maharani membangun kebersamaan bersama para petani, meskipun kala itu turun hujan deras bukan lah hal aneh, apalagi pencitraan.

"Yang aneh itu adalah apabila ada orang-orang yang nyinyir pada Mbak Puan. Mereka sejatinya tak mengerti fungsi atau tugas seorang ketua lembaga DPR, yang merepresentasikan rakyat Indonesia," pungkas Anggota Komisi VII DPR-RI itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disindir Susi dan Fadli Zon

Sebelumnya diberitakan, aksi Ketua DPR RI Puan Maharani ikut menanam padi bersama petani sambil hujan-hujanan menjadi sorotan setelah viral di media sosial.

Aksi itu terjadi pada saat Puan Maharani kunjungan kerja (kunker) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis 11 November 2021.

Sejumlah tokoh turut menyindir aksi petinggi PDIP tersebut, salah satunya mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

"Biasanya petani menanam padi tidak hujan hujanan," tulis Susi di akun Twitternya pada Kamis malam.

Sindiran tersebut semakin viral setelah politikus senior Partai Gerindra Fadli Zon ikut berkomentar di cuitan Susi. Fadli menyebut yang dilakukan Puan adalah bentuk pencitraan.

"Belum belajar pencitraan 4.0?" kata Fadli Zon menimpali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.