Sukses

5 Momen Unik Peringati Hari Sumpah Pemuda, Langkah Tegap di Atas Sungai Cisadane

Saat Bendera Merah Putih dikibarkan di lokasi tak biasa di puncak peringatan Sumpah Pemuda.

Liputan6.com, Jakarta Pada puncak peringatan Sumpah Pemuda, Kamis 28 Oktober, sederet momen unik dan menarik digelar sebagai bagian untuk mengenang semangat para pemuda dari berbagai daerah saat itu untuk membebaskan diri dari kolonialisme Belanda. 

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Surabaya salah satunya. Mereka memilih untuk menggelar tausiyah dengan duduk bersama aparat daripada berorasi dengan turun ke jalan.

"Selain itu, kegiatan ini juga merupakan suatu bentuk dukungan untuk pemerintah dalam meningkatkan rasa kerohanian dan juga keamanan," ungkap Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan, Kamis, 28 Oktober kemarin. 

Hal menarik lainnya, saat Bendera Merah Putih dikibarkan di lokasi tak biasa di puncak peringatan Sumpah Pemuda.

Barisan Paskibraka berseragam putih, dengan penuh keseimbangan berhasil mengibarkan Merah Putih di atas Sungai Cisadane dengan menginjak jembatan apung yang berjejer rapi di atas permukaan air. 

Berikut sejumlah momen unik dan menarik pada puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda di sejumlah kota:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Festival Pemuda Pemudi Bersatu

Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS) menggelar Festival Pemuda Pemudi Bersatu dari tanggal 26-30 Oktober 2021 di Lapangan Serbaguna Kampung Sejahtera, Jalan Zainul Arifin, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah.

Festival ini bahkan mendapatkan apresiasi dari Wali Kota Medan Bobby Nasution.

"Kegiatan hari ini yang dilaksanakan pemuda pemudi kampung sejahtera, membuktikan peran masyarakat sudah mulai aktif, bahkan masyarakat sendiri disini yang meminta kita peran pemerintah langsung masuk ke salah satu lokasi yang selama ini dikenal pandangan kurang baik ikut mengubah pandangannya ikut mensejahterakan masyarakat dengan sisi ekonomi dan pendapatan yang lebih baik dengan cara yang lebih baik," ujar Bobby, dikutip dari akun Instagram @pemko.medan, Rabu 27 Oktober 2021.

Ketua P3KS Aminurasid, mengatakan rangkaian kegiatan yang dilakukan adalah perlombaan, aksi bersih sungai, vaksinasi Covid-19, bazar kuliner kampung sejahtera, pangkas rambut gratis, donor darah dan hiburan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat, khususnya pemuda pemudi akan kelestarian Sungai Babura.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mencari daya tarik masyarakat luar agar datang ke Kampung Sejahtera. Sebab, selama ini cita-cita masyarakat Kampung Sejahtera adalah menjadikan masyarakatnya sejahtera dari segi ekonomi dengan menjadikannya kampung kuliner," ujar Aminurasid.

 

3 dari 5 halaman

2. Kibarkan Bendera Merah Putih di tengah Sungai Cisadane

Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Tangerang memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan mengibarkan Bendera Merah Putih di tengah Sungai Cisadane. Pengibaran ini dilakukan oleh tiga petugas.

Petugas menginjak jembatan apung dan melakukan baris berbaris hingga ke tengah sungai dan tiang bendera disiapkan untuk pengibaran bendera.

Kegiatan pengibaran bendera di tengah sungai Cisadane ini mendapat apresiasi dari Komandan Resor Militer (Korem) 052 Wijayakrana Jakarta, Kolonel Inf Rano Tilaar yang saat itu menjadi pembina apel Sumpah Pemuda di Banksasuci, Karawaci, Kota Tangerang.

Dia menyampaikan pengibaran bendera di tengah sungai ini bertujuan mengingatkan kembali semangat untuk menjaga lingkungan, karena Sungai Cisadane adalah air baku PDAM yang menjadi sumber air utama untuk masyarakat di Tangerang.

 

4 dari 5 halaman

3. Aksi Turun ke Jalan Diganti dengan Tausiyah Kebangsaan

Ketua HMI cabang Kota Surabaya Rahmat menyampaikan bahwa rekan-rekannya berencana aksi turun jalan sebagai bentuk dukungan untuk membangkitkan semangat para generasi muda untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Namun, kegiatan tersebut akhirnya urung dilakukan, berganti dengan menggelar tausiyah kebangsaan.

"Setelah kami berkoordinasi dengan Kapolrestabes Surabaya, kami diberikan kesempatan karena esensi dari kami adalah bagaimana kami membangun persatuan dan kesatuan bangsa yang harus ditanamkan di jiwa-jiwa pemuda," ungkap Rahmat.

“Sehingga kami merubahnya dengan Tausiyah Kebangsaan. Dan ini lebih bermanfaat bagi masyarakat daripada turun jalan," imbuhnya di Masjid Baiturrahman Polrestabes Surabaya, Kamis 28 Oktober 2021.

Rahmat menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai wujud dari rasa gotong royong antara pihak kepolisian dengan organisasi Kemahasiswaan.

"Selain itu, kegiatan ini juga merupakan suatu bentuk dukungan untuk pemerintah dalam meningkatkan rasa kerohanian dan juga keamanan," tuturnya.

 

5 dari 5 halaman

4. Doa Syukur Lintas Agama

Kelompok Relawan Sahabat Ganjar bersama lapisan masyarakat sekitar Candi Dwarawati Dieng, Jawa Tengah memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan upacara Sumpah Pemuda & Doa Syukur Lintas Agama serta Lomba Permainan Tradisional di Pelataran Soeharto Whitlam. 

Dalam acara doa bersama tersebut diwakili oleh pemuka agama dari enam agama dan kepercayaan yang ada di Indonesia. Acara Doa Syukur Lintas Agama yang dikoordinasi oleh KH Khayatul Makki (pengasuh Ponpes Tanbihul Ghofiliin Alif’Baa, Banjarnegara).

"Semoga pada acara tasyakuran ini bisa membawa kemakmuran, kedamaian, dan keberkahan dari Candi Dwarawati untuk bangsa Indonesia," ucap doa Gus Khayat.

Ketua Umum DPP A. Jaka Saptana ,mengungkapkan upacara dan doa bersama ini sebagai simbol rasa syukur dan juga penghormatan bagi para pemuda pendahulu yang berjuang mempersatukan Indonesia dalam satu tekad untuk meraih kemerdekaan Republik Indonesia.

"Pada hari ini kita semua memperingati Sumpah Pemuda sebagai bentuk apresiasi para pemuda dalam mempersatukan jiwa kebangsaan untuk melawan penjajah di muka Ibu Pertiwi ini. Kita juga melakukan syukuran dalam rangka Hari Ulang Tahun Bapak Ganjar Pranowo dengan pemotongan tumpengan," tutur Jaka. 

 

Lesty Subamin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.