Sukses

Soal Deklarasi Capres 2024, Wagub DKI Jakarta: Pak Anies Tak Pernah Bahas Pilpres

Anies Baswedan disebut lebih memilih fokus dengan tugasnya sebagai gubernur DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria tak ambil pusing adanya pendeklarasian Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pilpres 2024. Kata dia, hal tersebut merupakan hak setiap warga negara.

"Itu hak warga negara untuk berdemokrasi, tapi Pak Anies sejauh yang saya tahu tidak pernah bahas soal Pilpres karena masih 2024 ya," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (21/10/2021).

Saat ini kata Riza, Anies Baswedan masih fokus dengan tugasnya sebagai gubernur DKI Jakarta. Politikus Gerindra itu menyatakan Anies tak pernah menyinggung pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

"Saya kira tidak pernah ya menyinggung soal pilpres maupun politik. Sekalipun ada kelompok-kelompok yang mencoba mendukung mendeklarasikan," ucap Wagub Riza.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Deklarasi Dukung Anies Jadi Capres 2024

Sebelumnya, Kelompok relawan Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) resmi mendeklarasikan mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi calon presiden di Pilpres 2024. Deklarasi dilakukan di Rumah Juang 45, Menteng, Jakarta Pusat, dan menerapkan acara secara hybrid.

Koordinator ANIES, La Ode Basir menyatakan sosok Anies Baswedan memiliki karakter sebagai pemimpin bangsa. Yakni mampu menyaring aspirasi masyarakat dengan cepat. Selain itu, Gubernur DKI Jakarta ini dinilai sebagai tokoh yang bersikap santun dalam menyikapi masalah.

"Dengan capaian-capaian itu, dengan mengucapkan bismillah mulai hari ini bekerja untuk mendukung pencalonan Bapak Anies Rasyid Baswedan," kata La Ode, Rabu (20/10/2021).

Lanjut dia, mantan Menteri Pendidikan dan Kebaikan itu dinilai cukup memiliki pengalaman dalam mengatasi masalah di Jakarta sebagai ibu kota negara. Sejumlah janji kampanyenya saat Pilkada DKI 2017 sudah hampir dituntaskan.

"Selama empat tahun menjadi Gubernur DKI, Anies Baswedan telah berhasil memenuhi sebagian besar janji kampanye yang disampaikan ketika Pilkada," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.