Sukses

Bunga Bangkai di Kebun Raya Cibodas Mekar

Bunga bangkai di Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat mekar sempurna, Rabu dini hari (13/10/2021).

Liputan6.com, Jakarta Bunga bangkai di Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat mekar sempurna, Rabu dini hari (13/10/2021).

Bunga bangkai jenis amorphophallus titanium ini mekar sempurna pada pukul 00.31 WIB. Pengukuran terakhir, tinggi perbungaan mencapai 289 cm, keliling 145,5 cm, garis tengah kelopak (spatha) pada posisi mekar penuh 128 cm.

Bunga bangkai dengan nomor 76i ini sudah terlihat kemunculannya sejak awal bulan Agustus 2021. Ini adalah momen langka, di mana bunga bangkai tersebut hanya dapat mekar setiap 2-3 tahun bahkan lebih.

Kebun Raya Cibodas telah memiliki 13 spesimen, terdiri atas 1 spesimen yang merupakan induknya hasil pengoleksian berupa umbi. Sedangkan 12 spesimen merupakan hasil perbanyakan dari biji. 12 spesimen yang berasal dari biji tersebut ditanam pada tahun 2003.

Saat ini, ada 1 spesimen pada fase generatif (seri 76i), 4 spesimen fase vegetatif, dan 8 spesimen fase dorman.

"Sudah muncul perbungaan yang ketiga kalinya. Dan inisiasi pembukaan mekar kelopak sudah terlihat sejak pukul 15.00 WIB, Selasa kemarin," ujar Marga Anggrianto, General Manager PT Mitra Natura Raya di Kebun Raya Cibodas BRIN.

Pada waktu mekar penuh, perbungaan terlihat indah dengan tongkol atau spadiks berwarna kuning dikelilingi oleh seludang bunga atau spatha yang berwarna merah keunguan.

Ketika bunga betina masak yang biasanya terjadi di malam hari mengeluarkan bau busuk seperti bangkai dan baunya dapat tercium dari beberapa meter, hal ini mengundang para polinator seperti kumbang dan lalat untuk datang.

Amorphophallus titanium termasuk dalam kategori tumbuhan langka berdasarkan klasifikasi dari International Union for Conservation of Nature (IUCN). Keberadaannya dilindungi dengan Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dapat Dilihat Masyarakat Umum

Bunga Bangkai dengan kondisi mekar sempurna dapat dilihat oleh pengunjung dari luar pagar untuk melindungi status konservasi tumbuhan tersebut.

Kebun Raya Cibodas BRIN juga memberlakukan protokol kesehatan yang ketat agar dapat menjadi tempat yang aman dikunjungi oleh pengunjung untuk menikmati fenomena langka ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.