Sukses

Puji PON XX, Sekjen PDIP: Penuh Semangat Papua Bangkit

PDIP percaya, PON XX mampu mendorong optimisme bagi upaya membangun Papua yang maju.

Liputan6.com, Jakarta Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengucapkan selamat kepada Presiden Jokowi atas penyelenggaraan PON XX Papua. Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut, pembukaan pekan olahraga nasional tersebut sangat spektakuler.

"Selain menggelorakan rasa cinta pada tanah air, tampilan budaya yang sangat kental dengan Papua, serta penampilan atlet legendaris Papua, menjadikan momentum pembukaan berlangsung megah, penuh semangat kebangkitan, dan menggambarkan kebudayaan Papua yang luar biasa,” kata Hasto Kristiyanto dalam keterangannya, Minggu (3/10/2021).

Menurut dia, apa yang ditampilkan oleh Presiden Jokowi dengan Pembangunan Papua menunjukkan kepemimpinan Jokowi visioner, membumi, dan mengangkat harkat dan martabat masyarakat Indonesia, khususnya Papua, melalui olah raga.

"Olah raga hanya mengenal fairness, sportivitas, ketaatan pada aturan main di bawah 'demokrasi terpimpin' dari wasit, sehingga semua berkontestasi dalam budaya prestasi. Bagi Pak Jokowi, olah raga dijadikan sarana mewujudkan kekeluargaan sebagai satu saudara sebangsa dalam bingkai NKRI," ucap dia.

PDIP percaya, PON yang merupakan ajang olah raga terbesar di Indonesia ini mampu mendorong optimisme bagi upaya membangun Papua yang maju.

"Kunjungan dan dialog sangat intens yang dilakukan Presiden Jokowi ternyata menimbulkan rasa saling percaya untuk membawa Papua sebagai satu kesatuan Indonesia Raya yang ditempatkan sangat penting dalam prioritas pelaksanaan konsepsi Indonesia Sentris," kata dia.

Hasto menyebut, keberhasilan PON XX akan menjadi milestone bagi kemajuan Papua. "Selamat dan sukses PON XX, kedepankan budaya prestasi. Mensana In Corpore Sano," tandas Hasto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi: PON XX Tunjukkan Kemajuan dan Kesiapan Insfrastruktur di Tanah Papua

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua akan menggambarkan kemajuan dan kesiapan insfrastruktur yang ada di Bumi Cendrawasih. Terlebih, ini kali pertamanya PON digelar di Papua.

Hal ini disampaikan Jokowi saat membuka PON XX Papua di Stadion Lukas Enembe Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/10/2021). Jokowi tampak didampingi Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, dan sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju.

"Pekan olahraga ini menggambarkan kemajuan Papua, menunjukkan kesiapan infrastruktur di tanah Papua dan kesiapan masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional," jelas Jokowi.

Dia pun memuji kemegahan Stadion Lukas Enembe yang menjadi salah satu stadion terbaik di Asia Pasifik. Kendari begitu, kemegahan Stadion Lukas Enembe ini bukanlah satu-satunya simbol dari kemajuan Papua.

"Konektivitas laut, konektivitas darat, konektivitas udara, bandara, pelabuhan, jalan lintas Papua, serta pengembangan SDM Papua merupakan capaian-capaian lain dari kemajuan Papua yang sangat membanggakan ini," kata dia.

Di sisi lain, Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah tak hanya berkomitmen meningkatkan kualitas dan kuantitas lembaga pendidikan formal di Papua. Namun, pemerintah berupaya mencetak wirausaha sukses yang akan meningkatkan potensi di Papua.

"Saya tadi pagi meresmikan dimulainya pembangunan Papua Youth Creative Hub untuk mencetak wirausaha-wirausaha yang sukses yang bisa meningkatkan nilai tambah dari potensi-potensi yang ada di Papua," ujar Jokowi.

Menurut dia, prestasi anak muda Papua harus terus dipupuk dan kembangkan. Jokowi ingin prestasi para atlet dan seniman Papua diikuti oleh anak-anak muda asal Papua lainnya.

"Prestasi atlet Papua seperti Lisa Rumbewas, Serafi Anelies Unani atletik, Franklin Ramses atletik, Boas Salosa sepakbola harus diikuti oleh anak-anak muda Papua lain," tutur dia.

"Kreativitas di bidang musik seni dan budaya yang sangat membanggakan yang tadi kita lihat di awal pembukaan tadi sangat-sangat membanggakan," sambung Jokowi.

3 dari 3 halaman

PON XX Papua digelar 2-15 Oktober 2021

Seperti diketahui, PON XX Papua digelar 2-15 Oktober 2021 dengan diikuti oleh 34 kontingen dari 34 KONI provinsi. Adapun jumlah atlet yang ikut dalam PON XX Papua sebanyak 6.116 atlet tamu dan 923 atlet tuan rumah Papua.

Ada 37 pertandingan cabang olahraga yang terdiri dari, 56 disiplin dan 681 nomor pertandingan. Para atlet akan memperbutkan ada 681 medali emas, 681 medali perak, dan 877 medali perunggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.