Sukses

Heboh Gambar di Instagram Jokowi Mirip Media Turki, Ini Penjelasan Istana

Liputan6.com, Jakarta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menanggapi soal gambar ilustrasi di akun Instagram Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang amat mirip dengan ilustrasi salah satu media Turki. Hal ini ramai diperbincangkan oleh warganet, sebab media Turki lebih dulu mempublikasikannya dibanding unggahan Jokowi.

Bey membantah bahwa gambar ilustrasi di unggahan instagram Presiden Jokowi mengambil dari media Turki. Dia menjelaskan ilustrasi tersebut berasal dari situs konten kreatif digital, di mana pihak Istana juga membayarnya dan sudah lama berlangganan.

"Ilustrasi dari IG @jokowi berasal dari sebuah situs konten kreatif digital berbayar, di mana tim kami sudah berlangganan sejak lama dan masih memiliki subscription yang aktif, sehingga diperbolehkan untuk menggunakan dan memodifikasinya," jelas Bey saat dikonfirmasi Liputan6.com, Selasa (13/8/2021).

Menurut dia, penggunaan ilustrasi gambar di unggahan Jokowi sudah disesuaikan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dari situs tersebut. Bey menyebut kesamaan desain gambar merupakan hal biasa, sebab siapa saja yang berlangganan dapat mengunduhnya.

"Hal Ini merupakan hal umum dilakukan dengan berkembangnya creative source, termasuk dalam hal desain grafis, musik, klip video dan lain sebagainya," kata dia.

"Kesamaan desain pada suatu konten dapat terjadi karena siapa saja yang berlangganan layanan situs konten kreatif tersebut bisa mengunduh desain yang sama," sambung Bey.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Heboh di Medsos

Sebagai informasi, dalam unggahan di Instagram resmi Presiden Jokowi @jokowi terlihat gambar sesosok pria yang mengenakan jaket bewarna hijau, memegang lampu petromaks, serta memakai masker. Gambar ini diunggah saat Jokowi dalam rangka mengajak masyarakat untuk tetap di rumah saja dan mematuhi protokol kesehatan.

Warganet pun melihat adanya kesamaan gambar ilustrasi unggahan Jokowi yang sangat mirip dengan media Turki, yakni Mersiplus.com. Adapun artikelnya berjudul 'DEPREM, TRUMP-BİDEN DERKEN UNUTULDU AMA DURUM İÇ AÇICI DEĞİL' yang di-publish pada 5 November 2020.

Kendati begitu, terdapat sedikit perbedaan dalam gambar yang diunggah di instagram Jokowi dan media Turki. Dalam unggahan Jokowi, sesosok pria tersebut tampak mengenakan masker dobel. Sementara, gambar ilustrasi media Turki hanya memakai satu masker yang bewarna hitam.

Namun, tetap saja warganet menyangka gambar ilustrasi di unggahan Jokowi mengambil dari media Turki. Sebab, media Turki lebih dahulu mengunggahnya daripada Jokowi.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China
    COVID-19
  • Turki merupakan salah satu negara besar yang terdapat di Eurasia
    Turki merupakan salah satu negara besar yang terdapat di Eurasia
    Turki