Sukses

DKI Jakarta Buka Posko Pemulasaran Jenazah Covid-19 di Monas

Pemprov DKI Jakarta membuka posko pemulasaran jenazah terkait Covid-19 di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta membuka posko pemulasaran jenazah terkait Covid-19 di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, posko tersebut merupakan bentuk koordinasi bersama sejumlah SKPD DKI Jakarta.

"Jadi ada dua tim di Monas ini, satu untuk oksigen satu untuk pemulasaran. Jadi kalau perlu untuk langsung dikirim ada panggilan dari puskesmas maka tim ini akan langsung berangkat melakukan pemulasaran sampai pemakaman," kata Anies di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Senin (5/7/2021).

Posko tesebut langsung ditangani oleh BPBD DKI dan Satpol PP. Anies menyatakan masyarakat melalui puskesmas terdekat dapat melaporkan jika ada warganya yang meninggal dunia dengan suspek Covid-19.

Nantinya, pihak puskesmas akan berkoordinasi dengan tim pemulasaran jenazah yang ada di Monas untuk segera ke lokasi.

"Jadi kalau ada panggilan dari puskesmas, maka tim ini akan langsung berangkat melakukan pemulasaran sampai pemakaman. Dan itu bukan oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, tapi petugas Satpol PP dan BPBD," ucap Anies.

Saat ini jumlah kematian warga dengan pemakaman protokol kesehatan Covid-19 terus mengalami peningkatan. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

RT/RW Harus Aktif

Anies mengatakan petugas pemulasaran tersebut hanya menerima laporan dari puskesmas.

Oleh karena itu, Anies meminta agar para RT dan RW dapat melaporkan ke petugas agar warga yang meninggal dunia dengan suspek Covid-19 dapat segera ditangani.

"Di sini dapatnya dari kelurahan dan dari puksesmas untuk permintaannya. Karena ketika dikonfirmasi, mereka membutuhkan untuk pemulasaran," papar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.