Sukses

Kemenkes Libatkan 11 Platform pada Layanan Telemedis Pasien Isolasi Mandiri

Konsultasi kesehatan melalui layanan telemedicine bersifat gratis. Selain itu, pasien Covid-19 akan mendapatkan obat gratis sesuai gejala yang dialaminya.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan telah membuka layanan telemedicine atau konsultasi kesehatan virtual bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri. Layanan ini menggandeng 11 platform telemedis di Indonesia.

"Kita bekerja sama dengan 11 platform telemedis," kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers, Senin (5/7/2021).

Dari 11 platform telemedis  yang masuk dalam layanan konsultasi kesehatan virtual bagi pasien Covid-19, empat di antaranya yakni Alodokter, Getwell, Good Doctor dan Halodoc.

Mantan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menyebut konsultasi kesehatan melalui layanan telemedis bersifat gratis. Selain itu, pasien Covid-19 akan mendapatkan obat gratis sesuai gejala yang dialaminya.

"Semua ini diberikan secara gratis sebagai konstribusi dari 11 platform telemedis dan obat-obatannya dilakukan Kementerian Kesehatan," ujarnya.

Budi menambahkan, melalui layanan telemedis, pemerintah ingin hadir membantu rakyatnya. Pemerintah juga ingin memudahkan masyarakat mendapat layanan kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

"Arahan Pak Menko (Luhut Binsar Pandjaitan) tadi agar rakyat kita bisa tenang, bisa mengakses ke layanan kesehatan, bisa tetap mendapatkan obat dan semoga rakyat bisa sehat dan bisa mengatasi pandemi ini dengan segera," tutup dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lakukan Skrining Awal

Sebelumnya, Budi mengatakan layanan telemedicine sangat penting bagi masyarakat. Melalui layanan ini, pasien Covid-19 dapat melakukan skrining awal untuk menentukan dirinya mengalami gejala sedang atau berat.

"Dokter nanti akan cek statusnya, sehingga kita bisa arahkan kapan yang bersangkutan harus masuk rumah sakit atau tidak," katanya.

Dia berharap layanan konsultasi kesehatan virtual ini dapat mengurangi beban rumah sakit. Dengan melakukan konsultasi kesehatan jarak jauh, pasien Covid-19 tidak perlu berkunjung ke rumah sakit.

 

Reporter: Titin Supriatin 

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.