Sukses

Anies Baswedan: Hindari Covid-19 dengan Bertahan di Rumah Dulu

Anies Baswedan meminta masyarakat patuh dengan aturan terkait PPKM Darurat agar penyebaran Covid-19 tidak lagi terjadi.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, bersama Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya meninjau pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di beberapa lokasi, Minggu (4/7/2021).

Anies meminta masyarakat patuh dengan aturan terkait PPKM Darurat agar penyebaran Covid-19 tidak lagi terjadi.

"Sore hari ini kita memantau jalan jalan menuju Jakarta dan keluar dari Jakarta. Seperti kita ketahui mulai hari kemarin ditetapkan PPKM Darurat di mana hanya mereka yang bekerja di sektor esensial dan sektor kritikal yang bisa melakukan kegiatan keseharian untuk bekerja," kata Anies Baswedan di Jalan Raya Bogor.

Dia mengatakan, PPKM Darurat dimulai dari diri sendiri.

"Apakah kita termasuk dalam sektor itu atau tidak. Bila tidak maka ikhtiar untuk di rumah, tetap di rumah," ujar dia.

Pada kesempatan itu, Anies membeberkan kondisi rumah sakit rujukan Covid-19 di DKI Jakarta dan beberapa kawasan penyanggah. Banyak rumah sakit di kewalahan menangani lonjakan pasien Covid-19.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Satu-satunya Cara

Menurut Anies, satu-satu cara menghentikan peningkatan kasus positif Covid-19 adalah dengan menghentikan sejenak aktivitas di luar rumah.

"Ini tidak ringan, ini tidak mudah kita semua sadar tapi ini adalah situasi yang extraordinary. Ratusan setiap hari keluarga panik mencari tempat isolasi, mencari rumah sakit karena terpapar karena itu lah saya minta kepada semua hindari keterpaparan dengan cara bertahan dulu di rumah, kurangi kegiatan di luar rumah," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • PPKM Darurat adalah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang hanya diterapkan di wilayah Jawa-Bali.

    PPKM Darurat