Sukses

Menkes Budi Gunadi: Vaksin Covid-19 Tidak Buat Kita Kebal Seperti Superman

Vaksin hanya membuat tubuh manusia lebih tahan terhadap paparan virus Corona.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menegaskan bahwa vaksin covid-19 tak membuat manusia serta-merta kebal 100 persen dari Covid-19. Vaksin hanya membuat tubuh manusia lebih tahan terhadap paparan virus Corona.

"Kita harus ingat bahwa vaksin ini tidak membuat kita 100 persen kebal seperti Superman terhadap virus Covid-19. Vaksin ini akan membuat tubuh kita menjadi lebih tahan lebih cepat mengidentifikasi kalau kemasukan virus dan kita bisa lebih cepat merespons melawan virus tersebut," kata Budi dalam siaran daring, Rabu (30/6/2021).

Memang orang yang telah divaksin masih memiliki potensi untuk tertular. Namun menurut Budi, hanya memiliki tingkat risiko yang lebih rendah.

Misalnya saja jika orang itu tidak divaksin ketika terinfeksi Covid-19 dapat menimbulkan gejala serius. Namun, bila divaksin gejala yang dirasakan hanya ringan.

"Sehingga orang yang divaksin masih bisa terkena virus Covid-19, tetapi yang tadinya penyakitnya berat akan menjadi ringan, orang yang harusnya sakitnya ringan dia akan menjadi tanpa gejala atau OTG atau asimtomatik," jelasnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Jaga Prokes

Menurut Budi vaksin memacu daya tahan tubuh agar lebih kuat terhadap paparan Corona. Meskipun terhadap orang yang telah divaksin bisa saja Covid-19 itu hanya menimbulkan gejala ringan, namun kata Budi tetap saja dapat menularkan ke orang lain.

"Tapi kita ingat bahwa kita masih bisa tertular, yang paling bahaya kita masih bisa menularkan. Untuk itu Bapak Ibu walaupun sudah divaksin harus tetap menjalankan protokol kesehatan, terutama memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.