Sukses

Moeldoko Klaim Ivermectin Manjur, sudah Digunakan Pasien Covid-19 di Jakarta, Depok hingga Kudus

Liputan6.com, Jakarta Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Moeldoko menyebut, penggunaan obat invermectin manjur untuk penderita Covid-19. Dia mengklaim di sejumlah wilayah obat tersebut sudah dipakai.

"Di kota Tangerang, Jaktim, Depok, Bekasi menghasilkan tingkat kemanjuran yang hampir di seluruh daerah mendekati 100 persen untuk turunkan Covid-19," katanya dalam sebuah webinar, Senin (28/6/2021).

Selain itu, lanjut Moeldoko, 40 orang di Semarang Timur yang mengalami kasus Covid bisa diselesaikan dengan baik. Begitu pula 25 kasus di Sragen dan 13 orang positif corona di Kudus bisa diselamatkan.

"Melihat data sementara ini, kami cukup optimis bahwa invermectin dapat menjadi solusi obat efektif menyembuhkan pasien covid," kata Kepala Staf Presiden ini.

Moeldoko mengaku, pihaknya telah melakukan berbagai kajian dari penelitian dan rekomendasi dokter di luar negeri yang telah rekomendasi invermectin di negaranya. Kedepan, pihaknya akan terus berkomitmen melayani kebutuhan masyarakat. 

"Antara lain merencakan tindakan strategis melalui kegiatan pembagian invermectin kepada seluruh anggota HKTI, khususnya di zona hitam dan merah," ucapnya.

Lebih lanjut, kata dia, obat Invermectin digunakan 33 negara. Di antaranya Brazil, Zimbabwe, Jepang dan India.

"Menurut FLCCC alliance (Front Line Covid Critical Care) sudah ada 33 negara yang menggunakan Invermectin dalam mengatasi covid-19, antara lain brazilY Zimbabwe, Jepang, dan India," katanya.

 

2 dari 3 halaman

Ungkap Hasil Penelitian

Moeldoko menuturkan, berdasarkan American Journal of Theurapetic ada penelitian yang melibatkan 3.406 partisipan dan terbagi menjadi 15 uji klinis. Disitu, terbukti bahwa invermectin dapat mengatasi covid-19 sebesar 95 persen.

Berikutnya, ada hasil penetilian juga yang melibatkan 24 uji klinis dari 15 negara.

"Jadi, dari 3.406 partisipan menunjukkan menekan tk kematian pasien covid. selain itu juga tercatat 15 negara sudah berhasil melawan covid dgn menggunakan invermectin. Peru, Meksiko, Slovakia adalah negara yang turut berhasil menekan penderita covid dengan penggunaan invermectin," ucapnya.

Dia melanjutkan, dengan situasi dalam negeri dan apa yang dilakukan negara-negara lain, maka ia mendukung penggunaan obat Invermectin tersebut.

"Untuk itu saya mengambil keputusan untuk berani mendistribusikan Invermectin ke anggota-anggota HKTI yang tersebar di Indonesia," ucap eks Panglima TNI itu. 

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: