Sukses

Ketua DPRD DKI Sebut Banyak Indikasi Anies Baswedan Ingin Maju di Pilpres 2024

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi menilai, Gubenur Jakarta Anies Baswedan sudah terindikasi maju sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

Salah satu inidikasinya, Anies sering ke luar kota untuk tujuan tertentu yang dinilainya punya maksud terselebung, padahal di Jakarta terjadi lonjakan Covid-19.

"Ya kalau arah udah terlihatlah, di situasi pandemi covid ini dia berkeliling di luar Jakarta. Kemarin dia makan bareng Ridwan kamil di IPDN. Padahal Jakarta sekarang sedang prihatin dengan Covid," kata Prasetio di Balai Kota Jakarta, Selasa (22/6/2021).

Prasetio pun menyarankan, agar Anies lebih mengutamakan tugas tanggung jawabnya sebagai gubernur DKI. Ketimbang, menunaikan dugaan ambisi sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

"Saya sebagai pemerintah daerah mengingatkan ke beliau. Konsentrasi lah. Kalo punya cita-cita monggo itu cita-cita anda. Kita tidak bisa melarang juga itu haknya pak gubernur," kata dia.

 

2 dari 3 halaman

Pelisiran Anies Baswedan

Menurut catatan, Anies memang sempat ke luar kota selama pandemi Covid-19. Pertama, Anies tercatat pergi ke Jawa Timur pada 3 Juni 2021. Mantan menteri pendidikan itu memiliki hajat membuka pameran Misi Dagang dan Investasi yanf bekerja sama dengan pemerintah Jawa Timur.

Sebelumnya, Anies juga sempat ke Desa Jenang, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat 16 April 2021. Anies beralasan, kunjungannya diperlukan dalam rangka seremoni panen raya PT Food Station Tjipinang Jaya sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta bekerja sama dengan Gapoktan Sumber Makmur Cilacap.

Baru-baru ini, tepatnya 11 Juni 2021, Anies juga viral di Jawa Barat. Kunjungannya langsung dikawal oleh Gunernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Kedua kepala daerah itu bertemu dan bersanding bak duet maut di konstrlasi Pilpres 2024.

Namun Anies menampik, jika pertemuannya membawa misi pribadi. Dirinya kembali menegaskan bahwa kunjungan tersebut dalam rangka panen raya di Desa Mekarwangi, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, yang juga merupakan bagian dari kerja sama Pemkab Sumendang sebagai memasok beras ke Jakarta.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: