Sukses

Anies Baswedan: Jalur Sepeda untuk Kegiatan Transportasi

Anies Baswedan menyampaikan sepeda bukanlah hanya bagian dari olahraga tapi sudah masuk transportasi.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan sepeda bukanlah hanya bagian dari olahraga tapi sudah masuk transportasi. Dia pun menunjukkan dengan bersepeda untuk menuju ke Balai Kota, Jakarta, Senin (21/6/2021).

Adapun hal ini berdasarkan unggahan video di akun instagram @aniesbaswedan.

Saat perjalanan ke Balai Kota, Anies Baswedan menyebut cuaca pagi itu cerah dan perjalanan lancar. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu melewati jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman-Thamrin.

"Bersepeda itu sesungguhnya lebih dari sekadar berolahraga. Ini bisa jadi alat transportasi. Jadi, ketika kita membangun jalur sepeda ini pun adalah jalur sepeda untuk kegiatan transportasi, bukan sebagai kegiatan sport," kata Anies Baswedan.

Dia juga menyatakan jalur sepeda tersebut dapat memberikan rasa aman kepada pengguna sepeda saat melintasi jalan raya. Menurut Anies, saat ini mulai banyak masyarakat yang menggunakan sepeda untuk ke tempat kerja.

"Makin hari makin banyak yang berangkat dengan sepeda. Dan jalur sepeda pun dirapikan, buat tertib, sehingga semua bisa merasakan dengan aman jalur ini," jelas Anies Baswedan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kegiatan Jarang Dekat

Anies Baswedan mengatakan untuk kecepatan sepeda untuk alat transportasi tidak terlalu tinggi seperti halnya saat digunakan untuk berolahraga.

Selain itu dia juga menyebut aktivitas menggunakan sepeda dapat ikut serta menjadikan udara di Jakarta lebih bersih.

"Buat yang selama ini belum sehari-hari bersepeda, saya ingin anjurkan, kita pakai sepeda untuk kegiatan-kegiatan yang jarak dekat. Kalaupun ke kantor masih jauh, okelah pakai kendaraan bermotor atau kendaraan umum, tapi parkir saja sepeda di tempat kerja. Kalau perlu-perlu pergi yang dekat, bisa pakai sepeda," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.