Sukses

Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka di Jakarta Tetap Dilakukan Meski Kasus Covid-19 Alami Kenaikan

Saat ini ada 300 sekolah yang sedang mengikuti pelatihan persiapan pembelajaran tatap muka.

Liputan6.com, Jakarta Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taga Radja mengatakan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) tetap dilakukan meskipun adanya kenaikan kasus Covid-19. Dia menyebut tidak semua wilayah di Ibu Kota masuk dalam zona merah Covid-19. 

"Tetap (pelaksanaan PTM) pelatihan kedua. Selama ini belum ada pertimbangan lain," kata Taga saat dihubungi, Senin (31/5/2021). 

Lanjut dia, pihaknya terus melakukan evaluasi dan kondisi terkait pelaksanaan PTM.

"Kalau menurut pimpinan (gubernur dan wakil gubernur) ini tidak bisa dilanjut tatap muka, ya kita kondisikan. Sementara dihentikan dulu belajar tatap mukanya," jelas dia. 

Sebelumnya, Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta melakukan asesmen terhadap 300 sekolah untuk uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) tahap II yang akan dimulai beberapa hari mendatang.

"Untuk PTM tahap II sekarang sedang berproses untuk tanggal 7 Juni mendatang, saat ini ada 300 sekolah yang sedang mengikuti pelatihan persiapan pembelajaran tatap muka," kata Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja Gah seperti dikutip dari Antara, Jumat (21/5/2021).

300 sekolah yang sedang menjalani asesmen ini, lanjut Taga, tidak termasuk dari 85 sekolah yang ikut uji coba pembelajaran tatap muka tahap pertama beberapa waktu lalu.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

85 Sekoleh Tak Ikuti Asesmen

85 sekolah yang ikut PTM tahap satu, kata Taga, tidak dilakukan asesmen jika ingin ikut serta dalam uji coba PTM tahap dua. Tapi tinggal membuat surat pertanggungjawaban mutlak (SPTJM) dari kepala sekolah bermaterai, untuk memastikan pelaksanaan protokol kesehatan.

"Jadi kan 85 sekolah itu kan sudah melalui asesmen, sudah melalui pelatihan dan uji coba, jadi tinggal diteruskan saja untuk yang mau meneruskan, yang tidak ya tidak masalah," kata Taga.

Dia mengatakan, uji coba pembelajaran tatap muka tahap II direncanakan akan berlangsung tanggal 7 Juni-24 Juni 2021.

"Bulan Juni, mungkin mepet sama tahun ajaran baru, tidak apa-apa kita sesuaikan. Bulan Juli juga kemungkinan kita mulai persiapan untuk uji coba PTM tahap ketiga juga," ucap Taga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.