Sukses

Cara Polres Tangerang Identifikasi Kendaraan yang Akan Mudik

Sejak dini hari hingga siang ini tercatat ada 8 kendaraan yang terpaksa harus putar balik karena akan mudik.

Liputan6.com, Tangerang - Hari pertama pelarangan mudik lebaran 2021, sejumlah pengendara didapati harus putar balik di posko-posko penyekatan. Polres Polres Metro Tangerang Kota mendirikan dua titik posko penyekatan pemudik.  

Dua posko penyekatan mudik itu terletak di Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Jatiuwung dan di Jalan MH Thamrin, Kecamatan Tangerang.

Pantauan di lapangan, arus lalu lintas di sekitar pos penyekatan di Jalan Gatot Subroto tersendat. Hal ini dikarenakan adanya pemeriksaan kendaraan oleh petugas yang diduga akan melakukan mudik, selain itu, pos sekat yang berada di jalur arteri juga banyak dilewati oleh kendaraan besar.

Adapun teknis pemeriksaan yang dilakukan adalah dengan mengidentifikasi jumlah penumpang dan juga jumlah barang bawaan yang diangkut. Apabila ada indikasi akan melakukannya mudik, maka kendaraan tersebut diberhentikan dan ditanya maksud dan tujuannya.

"Teknisnya kami menyeleksi kendaraan roda dua atau roda empat yang diduga akan mudik seperti bawa banyak penumpang atau barang. Kemudian kami periksa kelengkapan surat-suratnya, apabila benar akan mudik kita suruh putar balik," ujar petugas di Pos Sekat Jatiuwung, Ipda Arifin, Kamis (6/5/2021).

Selain itu, petugas juga memasang rambu tanda kaca mobil harus dibuka. Hal ini untuk memudahkan petugas dalam melakukan seleksi terhadap kendaraan yang akan mudik.

"Kami pasang rambu buka kaca untuk kendaraan roda 4, dan bisa dilihat secara kasat mata di dalam mobil itu terdapat banyak penumpang atau banyak barang," lanjutnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

8 Kendaraan Diputar Balik

Adapun sejak dini hari hingga siang ini tercatat ada 8 kendaraan yang terpaksa harus putar balik karena akan mudik. Mayoritas berangkat menggunakan mobil ke arah Serang dan Merak. Satu rombongan pemudik bahkan menyewa taksi online untuk mudik ke Rangkas Bitung.

"Siang ini ada 1, tapi dari semalam datanya sudah sekitar 8 pemudik yang disuruh putar balik," pungkasnya. (Pramita Tristiawati)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.