Sukses

Kemensos Rekam NIK Suku Anak Dalam Agar Bisa Mengakses Bansos

Pengejaan nama warga KAT SAD bukan perkara mudah, apa yang diucapkan dan yang ditulis sering berbeda dan hal itu butuh proses dan waktu penyelesaiannya.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Sosial RI melakukan pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT) Suku Anak Dalam (SAD) dengan bantuan sosial (bansos) menggandeng Pemerintah Daerah dan Lembaga Sosial Kemasyarakat (LSM/NGO).

Menteri Sosial Tri Rismaharini pada 11 Maret 2021 didampingi oleh Dirjen Adminduk Kementerian Dalam Negeri Zudan, Pemda, serta LSM/NGO Warsi meninjau langsung lokasi KAT SAD di Provinsi Jambi.

Setiap warga KAT SAD di Provinsi Jambi secara bertahap telah, sedang dan terus melakukan perekaman data agar bisa mendapatkan NIK sehingga bisa diakses dengan berbagai bantuan sosial dari Kemensos maupun kementerian lainnya.

Namun, di lapangan ada sebagian kecil pihak tak paham situasi dan kondisi dengan menuduh bahwa belum diterimanya paket bantuan sosial dari Kemensos sebagai tindakan inkonsistensi, padahal masih dalam proses perekaman data yang butuh waktu.

Koordinator Divisi Komunikasi KKI Warsi, Sukmareni menyatakan, bantuan sosial dari Kemensos yang diberikan kepada warga KAT SAD harus padan dengan NIK yang membutuhka upaya dan tenaga ekstra untuk perekaman data.

"Perekaman data butuh upaya dan tenaga ekstra, karena masih ada warga KAT SAD berpindah tempat yang berimbas terhadap bantuan dari Kemensos diberikan secara bertahap bagi yang sudah ada NIK," ujar Sukmareni, Rabu (5/5/2021).

Diakui, kata Sukmareni, di lapangan masih ada kendala dalam perekaman data dan yang lainnya, namun Kemensos cukup cepat merespon dan bisa berkoordinasi untuk dicarikan solusi agar permasalah bisa segera diatasi.

"Kami merasa Kemensos sudah merespons dengan cepat saat terjadi masalah di lapangan sehingga bisa dicarikan solusinya, seperti perekaman, verfikasi-validasi data dan persoalan yang lainnya," tandas Sukmareni.

Misalnya pengejaan nama warga KAT SAD bukan perkara mudah, apa yang diucapkan dan yang ditulis sering berbeda dan hal itu butuh proses dan waktu penyelesaiannya.

"Pengisian NIK-KTP nama warga KAT SAD yang diucapkan dan ditulis kadang beda. Itu Kendala padahal warga mau mendaftarkan anaknya sekolah, sehingga perlu berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Dukcapil," kata Sukmareni.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembayaran Ditunda

Direktur Teknik Jasa Keuangan PT Pos Indonesia, Charles Sitorus, menyatakan, bantuan sosial yang diserahkan bagi warga KAT SAD tahap 3, yaitu Maret-April: 14 Maret 2021 sebanyak 27 KPM; 15 Maret 2021 sebanyak 2 KPM; serta 22 Maret 2021 sebanyak 91 KPM.

"Kami sudah teruskan data ke Regional 3 Palembang namun hanya belum full turun, sehingga pembayaran ditunda dengan pertimbangan keamanan," ungkap Charles.

Kemudian, pada 4 Mei sudah terima SI data KAT SAD sebanyak 1.196 KPM dan saat masih dalam proses pengolahan danom dan aktivasi cekpos.

"Sedangkan, untuk pembayaran akan direncanakan pada Jumat 7 Mei 2021," pungkas Charles.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.