Sukses

Menhan Prabowo Kenang Anak Saudaranya yang Gugur pada Peristiwa KRI Nanggala 402

Prabowo Subianto mengenang sosok Letda Laut (T) Rhesa Tri Sigar

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto mengenang sosok Letda Laut (T) Rhesa Tri Sigar, salah satu awak KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan Bali.

Menurutnya, Letda Laut (T) Rhesa Tri Sigar salah satu putra terbaik bangsa.

"Salah satu dari putra terbaik bangsa, Letda Laut (T) Rhesa Tri Sigar, saudara saya yang gugur bersama KRI Nanggala 402, berkorban demi Sang Merah Putih," kata Prabowo melalui akun Instagramnya, Senin (26/4).

Dia menyebut, prajurit yang gugur akibat peristiwa yang menimpa KRI Nanggala 402 itu merupakan anak dari sepupunya bernama Letkol Godfired Sigar. Letkol Godfired Sigar pernah menjabat sebagai Kepala Seksi Operasi Korem 164/Wira Dharma Dili.

"Pada tanggal 4 Juni 1998, Godfried gugur di tengah misi Timor Timur saat itu," tutur Prabowo.

Mantan Komandan Jenderal Kopassus ini mengaku telah mendatangi kediaman Letda Laut (T) Rhesa Tri Sigar untuk menyampaikan duka cita mendalam.

"Tadi malam saya sempat mengunjungi ibunda beliau, Indah Wahyu Arini Retno Utami dan kakak beliau Kapten Infantri Julius Sigar di kediaman mereka di Surabaya," kata Prabowo.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beri Beasiswa

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto akan memberikan beasiswa kepada anak 53 awak kapal selam KRI Nanggala 402 yang gugur dalam misi latihan pertempuran di perairan Bali.

Hal itu dikonfirmasi Juru Bicara Menteri Pertahanan (Jubir Menhan) Dahnil Anzar Simanjuntak. Menurut Dahnil, beasiswa untuk anak-anak prajurit KRI Nanggala 402 yang tenggelam di dasar laut itu akan diberikan penuh hingga jenjang universitas.

"Betul Menteri Prabowo Subianto menyampaikan akan memberikan beasiswa penuh, mulai dari SD sampai dengan Universitas kepada putra putri prajurit Nanggala 402 yang gugur," kata Dahnil saat mengonfirmasi lewat tayangan video, Senin (26/4/2021).

Dahnil menambahkan, niatan Prabowo itu disampaikan langsung saat sang Menteri Pertahanan bertemu keluarga para prajurit yang gugur.

"Pak Prabowo mengunjungi keluarga para prajurit Hiu Kencana KRI Nanggala 402 di Surabaya, kepada kekuarga Pak Prabowo menyampaikan belasungkawa yang sangat mendalam," jelas Dahnil.

 

Reporter: Suprihatin/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.