Sukses

Kata Ali Mochtar Ngabalin soal Kabar Reshuffle Kabinet di Rabu Pekan Ini

Liputan6.com, Jakarta Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin angkat bicara saat ditanya kabar reshuffle kabinet pada pekan ini. Terlebih pada hari Rabu 21 April 2021.

Diketahui, Presiden Joko Widodo atau Jokowi sering memilih Rabu Pon atau Rabu Pahing berdasarkan penanggalan kalender Jawa untuk melakukan perombakan kabinet. Pada Rabu 21 April 2021, itu jatuh pada pasaran Pahing.

"Soal waktu kalau sudah ada jadwal, pasti saya kabari, sabar," kata Ngabalin saat dikonfirmasi, Senin (19/4/2021).

Menurutnya reshuffle kabinet adalah hak prerogatif presiden. Dia mengaku, tidak tahu menahu terkait siapa sosok yang akan digeser atau digantikan.

"Semua menjadi hak presiden," singkat Ngabalin.

Saat disinggung soal isu pergantian seorang di kabinet berinisial M, dirinya tidak mengetahui. Dirinya menegaskan, isu tersebut bukan dari mulutnya.

"Bukan pernyataan saya yang mengatakan inisial itu," kata Ngabalin.

 

2 dari 3 halaman

Reshuffle Menteri Berinisial M

Wacana reshuffle kabinet semakin menguat. Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Luqman Hakim membocorkan inisial nama menteri yang bakal dicopot Presiden Jokowi.

Luqman hanya menyebut inisial menteri tersebut. "Reshuffle anggota kabinet dengan inisial huruf M," ujar dia saat dikonfirmasi, Jumat (16/4/2021).

Luqman enggan membocorkan dari partai mana atau adakah nama lain yang akan digeser Jokowi. “Nanti tunggu saja,” katanya.

Saat ini, kata Luqman, semua pihak agar menunggu pengumuman resmi dari Presiden. “Adalah hak presiden (reshuffle kabinet), kita semua tunggu sabar,” ucapnya.

Adapun menteri dengan inisial M di kabinet adalah Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Perdagangan M Lutfi serta Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: