Sukses

Masjid Istiqlal Tiadakan Buka Bersama dan Iktikaf Selama Ramadan

Liputan6.com, Jakarta - Masjid Istiqlal membatasi sejumlah aktivitas ibadah selama Ramadan 2021. Di antaranya, meniadakan kegiatan buka puasa bersama.

"Istiqlal tidak menyelenggarakan buka puasa bersama," kata Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan Masjid Istiqlal Faried F Saenong dalam diskusi virtual, Senin (12/4/2021).

Selain itu, Masjid Istiqlal juga meniadakan sahur bersama dan iktikaf. Pembatasan kegiatan ini dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19.

"Jadi iktikaf menginap, bermalam di masjid tidak kita laksanakan tahun ini karena pandemi tentunya," ujarnya.

Meski demikian, Masjid Istiqlal tetap mengizinkan umat Islam melaksanakan salat lima waktu. Dengan catatan, umat Islam mematuhi protokol kesehatan dan mengikuti ketentuan pembatasan 30 persen dari kapasitas Masjid Istiqlal.

2 dari 3 halaman

Daftar untuk Ibadah di Istiqlal

"Kalau pemerintah 50 persen dari kapasitas, kita hanya di bawah 30 persen. Yang umumnya 250.000 jemaah datang ke Istiqlal untuk Ramadan ini kita hanya mengambil di jumlah 2.300 orang per hari," jelasnya.

Faried menambahkan, bagi umat Islam yang ingin melaksanakan ibadah di Masjid Istiqlal selama Ramadan 2021 harus mendaftarkan diri melalui aplikasi eistiqlal. Pendaftar melalui aplikasi tersebut untuk memudahkan pengurus Masjid Istiqlal melakukan penelusuran jika ditemukan muncul klaster Covid-19.

"Jika ditemukan kasus (Covid-19), mudah-mudahan tidak, kita bisa tracking lewat situ," tandasnya.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: