Sukses

Pusat UTBK Jakarta Hampir Penuh, Peserta Diizinkan Pilih Daerah Lain

Liputan6.com, Jakarta - Humas Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Ismaini Zain mengatakan bahwa peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 bisa memilih pusat UTBK atau tempat tes di luar provinsi jika provinsi bersangkutan telah terisi penuh. Seperti yang terjadi di pusat UTBK Jakarta.

"Kalau dievaluasi kita (di Jakarta) sudah sih (penuh). Artinya okupansinya itu udah mendekati penuh. Sebetulnya seandainya risiko-risiko yang mau diambil, ya ambil misalnya di Bogor. Di Bogor itu okupansinya masih lebih rendah dari di Jakarta," kata Ismaini kepada Liputan6.com, Sabtu (27/3/2021).

Peserta yang berdomisili di Jakarta, lanjut Ismaini juga bisa memilih Pusat UTBK di Bandung. Menurut Ismaini Bandung cenderung lebih longgar ketimbang Pusat UTBK Jakarta bahkan ketimbang di Bogor.

"Nggak ada aturannya (aturan dilarang memilih Pusat UTBK di luar domisili). Jadi yang penting kalau di UTBK itu adalah kita nanti sanggup (melaksanakan tes) pada hari yang sudah ditentukan itu di lokasi yang dipilih tadi," katanya.

2 dari 3 halaman

Akibat Pandemi

Menurut Ismaini, LTMPT awalnya mengimbau agar peserta memilih lokasi tes di wilayah domisilinya masing-masing. Hal ini lantaran masih berlangsungnya pandemi Covid-19 sehingga jika memilih di luar provinsi dikhawatirkan akan menyulitkan peserta. Namun jika Pusat UTBK di wilayah domisili penuh, seperti halnya di Jakarta, para peserta bisa memilih Pusat UTBK yang tak jauh dari wilayah domisili.

"Memang kami ingatkan diimbau untuk memikirkan ini, takutnya pada saat pandemi katakanlah Bogor pada tahun lalukan orang tak boleh masuk Bogor. Tapikan Insya Allah dengan fenomena sekarang ini hampir (kasus) di seluruh kotakan mulai turun ya," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: