Sukses

Fakta-Fakta Pria Gondrong Pengganda Uang di Bekasi yang Viral

Polisi turun tangan dan mengamankan sejumlah orang termasuk pria gondrong pengganda uang di Bekasi yang viral.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria di Bekasi memperlihatkan keahliannya menggandakan uang di hadapan beberapa warga. Aksinya itu direkam dan videonya viral di media sosial.

Dalam rekaman berdurasi 12 menit, pria berambut godrong dengan peci hitam di kepala itu terlihat duduk bersila di lantai. Dia tampak sambil menggendong anak kecil.

Pria itu memperlihatkan kotak kayu berwana cokelat dan benda-benda mistis lain ke hadapan warga. Pria itu kemudian melakukan ritual dan memasukkan kertas putih ke dalam kotak kayu dan ditutup rapat-rapat.

Seketika, kertas putih itu pun berubah menjadi lembaran uang kertas. Tindakan pria itu pun disorot oleh Satreskrim Polres Kabupaten Bekasi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus menyampaikan, pria berambut gondrong itu berinsial H. Dia tinggal bersama istrinya, NP (18) di Gang Veteran, RT 01 RW 03, Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penjual Barang Antik

Pasangan suami-istri ini dikenal sebagai penjual barang-barang antik dan mistik. H juga dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit.

"Rumahnya banyak dikunjungi orang dari luar kota," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Senin (22/3/2021).

Yusri menyampaikan, H pernah memperlihatkan keahilan kepada banyak orang pada 18 Maret 2020 sekitar pukul 11.00 WIB. Aktivitas itu direkam oleh istrinya dan disaksikan anak, mertua, serta beberapa pengunjung.

"Yang membuat (video) istrinya sendiri saudari NP," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

5 Orang Diamankan

Yusri menyampaikan, Satreskrim Polres Kabupaten Bekasi telah menyelidiki rekaman video usai viral di media sosial pada 21 Maret 2021. Hasilnya, pemeran video dan perekam diamankan.

"Lima orang diamankan termasuk saudara H dan istrinya serta dan beberapa orang lainnya," ujar dia.

Selain mengamankan pemeran serta perekam, Yusri menyebut, beberapa properti yang terlihat di dalam video juga disita sebagai barang bukti.

"Kami amankan benda-benda yag ada di video, baik kotak, juga ada beberapa benda yang lain," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.