Sukses

Gerakan Politik Hijau Ala PDIP, Tanam 24 Jenis Pohon di GBK

PDIP akan menggelar kegiatan menanam pohon di area GBK serta tebar benih ikan di Waduk Rawa Lindung, Jakarta Selatan, Minggu, 21 Maret 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kembali mewujudkan politik hijau melalui gerakan penghijauan gelombang lll. PDIP akan menanam pohon di area Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat dan tebar benih ikan di Waduk Rawa Lindung, Jakarta Selatan Minggu, 21 Maret 2021.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, agenda itu rencananya akan dilaksanakan secara serentak di hari yang sama. 

Hasto menambahkan, akan ada sejumlah pengurus daerah PDIP di berbagai wilayah yang dijadwalkan hadir dalam kegiatan tersebut. Seperti Ketua DPP dan Wasekjen Puan Maharani, Tri Rismaharini, Yasona H Laoly, Ribka Tjiptaning, Wiryanti Sukamdani, Sukur Nababan, dan Sadarestuwati.

Akan hadir pula beberapa anggota DPR RI F-PDIP. Antara lain Junimart Girsang dan Abidin Fikri. Sementara, petinggi PDIP DKI yang juga akan hadir adalah Adi Wijaya dan Prasetio Edy Marsudi.

Hasto memaparkan ada 24 jenis pohon yang akan ditanam di GBK. Antara lain dari jenis Baobab, Ebony, Eben Merak, Hopea, Ulin, Kepel, Asam, Genip, Pala, Mahoni Afrika, Cassia Fistula, Buni, Pohon Anggur Laut, dan Kebel. 

"Panitia telah menyiapkan lubang untuk pohon-pohon tersebut. Direncanakan Mbak Puan Maharani akan hadir secara langsung untuk melakukan penanaman pohon bersama Ibu Tri Rismaharini dan tokoh lainnya," jelas Sekjen PDIP ini. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Megawati Akan Sumbang 3 Pohon Langka

Sementara itu, aksi di Waduk Rawa Lindung di Pesanggarahan Jakarta Selatan akan dipimpin langsung oleh Hasto Kristiyanto. Direncanakan akan ditanam sekitar 300 pohon buah yakni mangga, dan rambutan.

Dilanjutkan dengan menebar 10 ribu benih ikan, yakni ikan nila, ikan mujair, ikan mas, dan ikan lele.

"Ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri berpesan agar kegiatan ini benar-benar mengikuti seluruh prosedur terkait dengan pencegahan Covid-19. Protokol kesehatan jangan sampai dilanggar dan semua yang terlibat berdisiplin," ucap Hasto. 

"Ibu Megawati akan menyumbang tiga pohon yang cukup langka untuk ditanam dalam kegiatan ini," jelas Hasto.

Hasto menambahkan di hari Minggu itu, selain di Jakarta, pengurus daerah PDIP di berbagai wilayah juga dihimbau melakukan aksi menanam dan merawat pohon yang sudah ditanam.

Kkegiatan penanaman pohon PDIP gelombang I dilaksanakan pada 10 Januari 2021 lalu di DAS Ciliwung. Dilanjutkan gelombang II pada 21 Februari 2021 di Waduk Cincin, Jakarta Utara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.