Sukses

Prabowo dan Airlangga Sepakat Food Estate Bisa Jadikan RI Kekuatan Raksasa

Keduanya melihat Indonesia berpotensi menjadi kekuatan ekonomi keenam sehingga harus dimanfaatkan meski di tengah situasi pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengunjungi kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Desa Bojongkoneng, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Sabtu 13 Maret 2021 kemarin. Pertemuan keduanya disebut berlangsung secara akrab, bahkan Airlangga menghadiahkan sebuah topi berwarna hitam kepada Prabowo Subianto.

"Pertemuan berlangsung secara akrab, penuh canda tawa, guyon, namun tetap membahas beberapa hal penting," ujar Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani dikutip dari siaran persnya, Minggu (14/3/2021).

Dalam pertemuan itu, Airlangga yang merupakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Prabowo yang menjabat Menteri Pertahanan membicarakan berbagai hal strategis pemerintahan hingga geopolitik. Kemudian, isu internasional yang dapat mempengaruhi perekonomian dan pertahanan.

"Keduanya sepakat bahwa kita harus tetap mempertahankan politik luar negeri Bebas dan Aktif, politik yang mengedepankan kepentingan nasional, dan menjaga keamanan dan stabilitas kawasan," jelas Muzani.

Menurut dia, keduanya melihat bahwa Indonesia berpotensi menjadi kekuatan ekonomi keenam sehingga harus dimanfaatkan meski di tengah situasi pandemi Covid-19. Kendati begitu, diakui bahwa ini bukanlah tantangan yang mudah.

Muzani menyebut upaya penanganan Covid-19 yang dilakukan pemerintah sudah benar. Mulai dari pemberian vaksin secara gratis yang dapat meningkatkan imunitas massal dan memberi harapan pada perekonomian.

Airlangga dan Prabowo menilai salah satu hal yang dapat meningkatkan kekuatan perekonomian Indonesia yakni, dengan mensukseskan program food estate yang dicanangkan Presiden Jokowi. Keberadaan food estate diyakini dapat menumbuhkan perekonomian di masa pandemi.

"Jika food estate berhasil maka Indonesia bisa menjadi kekuatan raksasa di bidang perekonomian termasuk dalam penanganan Covid-19," kata Muzani yang mendampingi Prabowo bertemu Airlangga.

Selain itu, Muzani menuturkan Ailangga dan Prabowo turut membicarakan program vaksinasi Covid-19 yang sudah berjalan di Indoensia sejak 13 Januari 2021. Keduanya berharap program vaksinasi dapat kembali meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Pertumbuhan dan pergerakan ekonomi diharapkan dapat lebih baik pasca vaksinasi Covid-19," ucap dia.

Airlangga dan Prabowo juga menempatkan diri sebagai Ketua Umum Wushu serta Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia. Kedua tokoh politik ini menyepakati pentingnya Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Kendati begitu, Prabowo dan Airlangga menekankan bahwa Indonesia harus mempersiapkan diri di kedua cabang olahraga tersebut. Selain itu, diperlukan upaya untuk menduniakan pencak silat agar bisa menjadi cabor yang dapat di terima di seluruh dunia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sepakat Jalin Komunikasi

Muzani menyampaikan keduanya mengakhiri pertemuan dengan menyaksikan atraksi kuda. Mereka juga berjanji akan terus menjalin komunikasi dan saling memberi dukungan.

"Keduanya menyepakati untuk terus menjalin komunikasi dan silaturahmi sebagai cara untuk saling memberi dukungan dan mengatasi perbedaan, cara ini yang di yakini bisa mengatasi banyak porblem bangsa," tutur Muzani.

Adapun Prabowo Subianto didampingi Wakil Ketua Dewan Pembina Hasyim Djoyohadikusumo, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Ketua Harian Sufmi Dasco Ahmad, Wakil Ketua Umum Sugiono, Ketua DPP Prasetyo Hadi, dan Ketua DPP Budi Djiwandono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.