Sukses

Perahu Evakuasi Terbalik, Ibu dan Anak Terseret Arus Banjir di Bekasi

Keduanya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Dua orang yang merupakan ibu dan anak terseret arus banjir usai perahu yang mereka tumpangi saat evakuasi, terbalik di Kampung Kaum Lebak, Desa Simpangan, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Keduanya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi menyebutkan, peristiwa nahas itu terjadi pada Sabtu 20 Februari 2021. Saat itu proses evakuasi sedang dilakukan di wilayah tersebut akibat banjir yang berasal dari luapan Kali Cilemahabang.

Namun tiba-tiba perahu evakuasi yang mengangkut ibu dan anak itu terbalik. Seketika itu pula keduanya hanyut terseret arus banjir yang deras.

Upaya pencarian pun dilakukan tim SAR di sekitaran lokasi. Pencarian terkendala derasnya arus banjir, sehingga menyulitkan petugas.

Korban pertama yang ditemukan yakni sang anak berinisial MK (4), Minggu 21 Februari 2021 sekira pukul 16.45 WIB. Korban ditemukan sudah tak bernyawa, sejauh 50 meter dari lokasi kejadian. Sedangkan sang ibu, SM (25), ditemukan keesokan harinya sekira pukul 09.35 WIB.

"Ibunya ditemukan dengan radius 150 meter dari lokasi awal kejadian," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln kepada awak media, Selasa (23/2/2021).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kendala Arus Deras

Menurutnya, saat kejadian nahas tersebut, suami korban, Muhammad Hamzah (31), masih berada di lantai dua rumah, menunggu istri dan anaknya dievakuasi terlebih dulu. Namun tak disangka, perahu evakuasi terbalik dan menghanyutkan anak dan istrinya.

"Proses pencarian korban sempat terkendala arus air yang sangat deras," tandas Henri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.