Sukses

Jalur Diperbaiki Imbas Banjir, 7 Perjalanan Kereta Api Dari Jakarta Pagi Ini Batal

Eva Chairunisa mengatakan, imbas banjir yang menggenangi jalur rel kereta api antara Stasiun Kedunggedeh-Lemah Abang mengakibatkan kerusakan.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan, imbas banjir yang menggenangi jalur rel kereta api antara Stasiun Kedunggedeh-Lemah Abang mengakibatkan kerusakan di bagian bawah pondasi jalur rel.

"Sampai dengan saat ini tim prasarana Daop 1 Jakarta berupaya semaksimal mungkin melakukan proses perbaikan untuk menormalkan kembali jalur tersebut," kata Eva dalam keterangan pers yang diterima, Selasa (23/2/2021).

Melihat kondisi tersebut dan mempertimbangkan keselamatan, pihaknya membatalkan tujuh keberangkatan kereta api pagi ini.

"Melihat kondisi yang ada serta mempertimbangkan keselamatan, beberapa perjalanan KA (kereta api) dari Jakarta akan dilakukan pembatalan kembali khususnya untuk 7 keberangkatan KA pagi hari," ungkap Eva.

Pihaknya memohon maaf atas pembatalan sejumlah perjalanan kereta api ini. "PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jasa KA yang terkena dampak cuaca ekstrim sehingga berpengaruh pada kondisi prasarana dan operasional KA yang terganggu," kata Eva.

Adapun daftar pembatalan kereta api dari Daop 1 Jakarta keberangkatan pagi hari:

Pasar Senen

1. KA 292 Bengawan (Pasar Senen-Purwosari) keberangkatan pukul 06.30 WIB

2. KA 130 Dharmawangsa (Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi) keberangkatan pukul 08.50 WIB

3. KA 320 Tegal Ekspres (Pasar Senen-Tegal) keberangkatan pukul 09.20 WIB

4. KA 302 Serayu (Pasar Senen-Purwokerto) keberangkatan pukul 09.30 WIB

Stasiun Gambir

1. KA 38 Argo Parahyangan (Gambir-Bandung) keberangkatan pukul 06.50 WIB

2. KA 2 Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasar Turi) keberangkatan pukul 08.00

3. KA 10A Argo Dwipangga (Gambir-Solo Balapan) keberangkatan pukul 08.30

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keberangkatan Lain

Eva mengatakan, sementara untuk keberangkatan 8 kereta api lainnya pada sore dan malam hari dari Daop 1 Jakarta akan diinformasikan kembali.

"Dengan melihat kondisi proses perbaikan jalur rel di lokasi yang terdampak banjir," kata dia.

Selain pembatalan perjalanan KA jarak jauh dengan jadwal keberangkatan pagi hari, 4 perjalanan kereta api Lokal relasi Cikarang -Purwakarta (PP) yang operasionalnya melintasi jalur tersebut juga dibatalkan.

"Bagi pelanggan KA yang telah memiliki tiket keberangkatan pagi hari tanggal 23 Februari 2021 dari Gambir maupun Pasar Senen dapat melakukan pembatalan tiket di loket pembatalan stasiun. Calon penumpang juga diberikan waktu sampai dengan 30 hari kedepan untuk pembatalan tiket KA yang terdampak pembatalan akibat banjir, dengan pengembalian 100 persen," jelas Eva.

Persyaratan untuk pembatalan tiket di loket stasiun, calon penumpang diwajibkan membawa tiket kereta api dan kartu indentitas asli calon penumpang. "Untuk calon penumpang yang memiliki kode booking yang sama dapat dilakukan pembatalan oleh salah satu calon penumpang dengan membawa foto copy ID penumpang yang lain," kata Eva.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PT KAI adalah salah satu bagian dari BUMN yang bergerak di bidang jasa angkutan penumpang dan barang.

    PT KAI

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • Kereta Api