Sukses

Belajar Dari Rumah: Gaya Gesek, Roda, dan Transportasi Darat

Kehadiran roda di kehidupan sehari-hari ini dimanfaatkan manusia, salah satunya untuk transportasi darat.

Liputan6.com, Jakarta Belajar Dari Rumah (BDR) merupakan salah satu program Kementerian Pendidikan yang mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Lantaran belajar dilakukan secara daring, butuh materi dengan pemahaman yang mudah dicerna, agar anak dapat menyerap pelajaran seperti belajar tatap muka alias di sekolah.

Nah pembahasan materi masih seputar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang mempelajari tentang gaya gesek. Umumnya gaya gesek ditemukan lewat benda yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari, roda misalnya.

Di balik dugaan para ahli yang menyebut bahwa roda sudah digunakan sejak zaman prasejarah. Cikal bakal roda di zaman itu adalah kayu yang memudahkan perpindahan tempat.

Nah pertanyaannya sekarang, kenapa kendaraan beroda bisa bergerak dan berhenti ketika direm? Jawabannya karena adanya tarikan dan dorongan antara roda dan jalan dan adanya gaya gesek.

Kehadiran roda di kehidupan sehari-hari ini dimanfaatkan manusia, salah satunya untuk transportasi darat. Ada yang namanya transportasi darat dengan roda tanpa mesin, seperti delman, becak, gerobak, dan sepeda.

Sementara roda yang digunakan untuk transportasi darat bermesin, pastinya sudah tahu dong ya? Yup, sepeda motor, truk, mobil, bus.

Nah untuk lebih memahami lebih lanjut mengenai materi di atas, Kemendikbud mendukung PJJ di masa pandemi, dengan menyiapkan program Belajar Dari Rumah (BDR) yang ditayangkan di TVRI, untuk jenjang pendidikan PAUD dan SD.

Oh ya, program ini dimulai pada Januari-Maret 2021 di Senin-Jumat, pukul 08.00 sampai 11.30 WIB.

Pada jenjang PAUD tayangan pembelajaran dimulai pukul 08.00-08.30 WIB, dan jenjang SD Kelas 1 pukul 08.30-09.00 WIB, SD kelas 2 pukul 09.00 s.d. 09.30 WIB, SD Kelas 3 pukul 09.30-10.00 WIB, SD Kelas 4 pukul 10.00-10.30 WIB, SD Kelas 5 pukul 10.30-11.00 WIB, dan SD kelas 6 pukul 11.00-11.30 WIB. Selamat belajar ya!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini