Sukses

Kemensos Bantah Tudingan Tunawisma yang Ditemui Risma Settingan

Liputan6.com, Jakarta Kepala Bagian Pemberitaan Publikasi Kementerian Sosial atau Kemensos, Herman Koswara menepis tudingan warganet terkait yang menyebut tunawisma yang ditemui Mensos Tri Rismaharini atau Risma adalah settingan.

Menurut dia, tunawisma yang ditemui Risma itu sekarang berada di Balai Rehab Sosial Pangudi Luhur Bekasi.

"Tidak ada settingan dia memang pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial. Mereka (yang ditemui Mensos Risma) sekarang ada di Balai Rehab Sosial Pangudi Luhur Bekasi, itu valid bisa dibuktikan," tegas Herman saat dihubungi, Kamis (7/1/2021).

Dia menuturkan, mereka yang ditemui dan bersedia diajak Risma ke balai rehab sosial akan dilakukan assessment atau evaluasi untuk menentukan pelayanan rehab sosial dan vokasional apa yang cocok.

"Rehab sosial sendiri itu pertama untuk mengubah aspek prilaku, dari dia menggelandang dan tak ada keteraturan dalam kehidupan kita ubah, kita lakukan rehab perilakunya dan kita mendorong pada aspek pemberdayaan vokasional dengan keterampilan yang disesuaikan kebutuhan mereka," jelas Herman.

Herman menjelaskan, program vokasional akan didapatkan para tunawisma seperti, teknik perbengkelan, bengkel mobil, motor atau bengkel las, juga ada pembuatan tahu, tempe, kursus menjahit, membuat kue, juga cara beternak ikan, tanam menanam.

"Mereka dibina lama tidaknya pembinaan tergantung dari leveling assessment yang akan menentukan, kemampuan PPKS beda-beda, apakah dia menggelandang udah lama atau krn turbulensi kehidupan sosial akibat pandemi," kata dia.

 

2 dari 3 halaman

Risma Blusukan

Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma menampilkan kebiasaan baru usai dilantik Presiden Joko Widodo atau Jokowi, yakni blusukan menyapa tunawisma sebelum memulai kerjanya. Pada hari kerja pertama 2021, 4 Januari kemarin, ada tiga tunawisma ditemui Risma.

Mereka ditemukan menggelandang di trotoar Jalan Sudirman hingga Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Persis di sisi kanan Plaza UOB, dengan berjalan kaki, Risma menyapa dan berdialog menanyakan asal daerah tunawisma yang ditemuinya tersebut.

"Tinggal di mana? Mau ikut saya?" tanya Risma sambil menawarkan bantuan kesejahteraan sosial dan pembinaan.

"Tidak punya rumah," jawab tunawisma pertama yang bernama Fitri.

Fitri tak menyambut terbuka ajakan Risma. Kendati respons berbeda diterima Risma saat bertemu Faisal dan Kustubi. Mereka disambangi Risma di dua titik berbeda, tetapi masih di kawasan Jakarta Pusat.

Mereka mengiyakan tawaran Risma. Keduanya bersedia dibawa ke Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis Pangudi Luhur, Bekasi, Jawa Barat.

Mereka akan diperiksa kesehatan sesuai protokol pandemi Covid-19. Selanjutnya, mereka akan mendapat penanganan sementara sebelum kemudian dikoordinasikan dengan pemerintah daerah.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: