Sukses

Top 3 News: Ini Penyebab Kartun Islami Nussa Berhenti Tayang

Pandemi Covid-19 membuat serial animasi Nussa menjadi terpuruk. Mei 2020, 70 persen karyawan yang memproduksi animasi ini diberhentikan.

Liputan6.com, Jakarta - Kerinduan para orangtua akan tontonan film anak yang memberikan nilai-nilai yang baik pada putra putrinya seakan terbayarkan dengan munculnya film animasi Nussa dan Rarra, produksi The Little Giantz dan 4Stripe Productions.

Ditayangkan pertama kali pada Sabtu, 12 Oktober 2019, Nussa mengisahkan seorang bocah laki-laki berusia 9 tahun yang memilik cita-cita menjadi hafiz Qur’an dan astronot meski memiliki keterbatasan.

Setelah setahun lebih menghibur anak-anak Indonesia dengan cerita-cerita mendidik, animasi Nussa berhenti tayang. Pandemi Covid-19 membuat film kartun anak bernuansa islami ini menjadi terpuruk. Mei 2020, 70 persen karyawan yang memproduksi animasi ini diberhentikan.

Belum lagi adanya tudingan bahwa cerita dalam animasi Nussa dan Rarra memuat konten radikal dan intoleran.

Berita lainnya yang tak kalah menyita perhatian pembaca Liputan6.com terkait gempa di sejumlah wilayah Tanah Air, pada Selasa, 5 Januari 2021. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan ada dua gempa yang getarkan Indonesia. Pertama di Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah dengan magnitudo 2,6, sedangkan gempa kedua terjadi di Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan kekuatan magnitudo 4,8. 

Kabar dari kasus video syur yang menjerat Gisella Anastasia atau Gisel dan Michael Yukinobu De Fretes menjadi terpopuler ketiga di Top 3 News, Selasa, 5 Januari 2021.

Pada Senin 4 Januari kemarin, Michael Yukinobu De Fretes memenuhi panggilan polisi untuk dilakukan pemeriksaan sebagai tersangka. Sementara, Gisel berhalangan hadir.

Usai pemeriksaan, penyidik tak menjebloskan Michael ke jeruji besi, karena masih menunggu keterangan dari Gisel.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Selasa, 5 Januari 2021:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Nussa Berhenti Tayang, Felix Siauw: Ada Fitnah Memuat Konten Radikal dan Intoleran

Serial anamasi Nussa berhenti tayang karena terdampak pandemi Covid-19. Hal itu disampaikan pendakwah populer Felix Siauw dalam unggahan Instagram pribadinya di @felixsiauw.

Felix menuturkan, pandemi Covid-19 yang hampir setahun menerpa Indonesia ini memiliki dampak tersendiri bagi para tim kreator Nussa. Bahkan menurut Felix, pada Mei 2020, 70 persen karyawan yang memproduksi animasi Islami ini diberhentikan.

"Sekira di bulan April, temen-temen @nussaofficial hubungi saya, cerita tentang pandemi yang sudah mulai punya efek ke Nussa. Saya sampaikan buat sabar, istiqamah, yang kita buat untuk umat, karena Allah. Pasti Allah punya rencana besar di balik ini semua," ucap Felix.

Beralih ke waktu-waktu menjelang akhir tahun, Felix menjelaskan bahwa cobaan bagi Nussa tak kunjung usai. Ia mengatakan segala upaya telah dilakukan secara maksimal, namun akhirnya tetap tak menuai hasil yang diharapkan.

Felix juga mengungkapkan bahwa berkali-kali serial kartun Nussa dituding memuat konten radikal dan intoleran tanpa argumen yang jelas.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Dua Wilayah Indonesia Diguncang Gempa Selasa 5 Januari 2021

Gempa kembali mengguncang Indonesia pada hari ini, Selasa (5/1/2020). Hingga pukul 20.00 WIB, tercatat ada dua kali gempa yang terjadi di Indonesia.

Mengutip dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di laman resminya www.bmkg.go.id, gempa pertama pada hari ini terjadi siang tadi pukul 13:23:40 WIB.

Lindu tersebut terjadi di Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah. Gempa itu berkekuatan magnitudo 2,6 dengan kedalaman 8 kilometer.

Pusat gempa berada di darat 10 kilometer selatan Bungku, Kabupaten Morowali.

Kemudian, pada pukul 18:56:21 WIB, gempa terjadi di wilayah Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Mangkirnya Gisel Selamatkan Nobu dari Dinginnya Jeruji Besi?

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya belum menerbitkan surat perintah penahanan kepada Michael Yukinobu De Fretes atau Nobu, pemeran pria yang video syur dengan artis Gisella Anastasia atau Gisel.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus berdalih, penahanan terhadap pria akrab disapa Nobu tergantung hasil gelar perkara lanjutan.

Menurut dia, gelar perkara lanjutan akan dilakukan usai penyidik memeriksa Gisel sebagai tersangka.

"Kami masih menunggu saudari GA untuk dilakukan pemeriksaan. Nanti hasilnya dari saudari GA seperti apa sebagai tersangka. Kita gelar perkara untuk menentukkan apakah (MYD) ditahan atau tidak," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Selasa (5/1/2021).

Yusri menerangkan, Michael Yukinobu De Fretes sejauh ini hanya dikenakan wajib lapor.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.