Sukses

Nussa Berhenti Tayang, Felix Siauw: Ada Fitnah Memuat Konten Radikal dan Intoleran

Berhentinya produksi serial animasi Nussa karena dampak pandemi corona. Sekitar 70 persen karyawan bahkan harus di-PHK karena beban biaya yang besar.

Liputan6.com, Jakarta - Serial anamasi Nussa berhenti tayang karena terdampak pandemi Covid-19. Hal itu disampaikan pendakwah populer Felix Siauw dalam unggahan Instagram pribadinya di @felixsiauw.

Felix menuturkan, pandemi Covid-19 yang hampir setahun menerpa Indonesia ini memiliki dampak tersendiri bagi para tim kreator Nussa. Bahkan menurut Felix, pada Mei 2020, 70 persen karyawan yang memproduksi animasi Islami ini diberhentikan.

"Sekira di bulan April, temen-temen @nussaofficial hubungi saya, cerita tentang pandemi yang sudah mulai punya efek ke Nussa. Saya sampaikan buat sabar, istiqamah, yang kita buat untuk umat, karena Allah. Pasti Allah punya rencana besar di balik ini semua

Sebulan berikutnya, Nussa terpaksa layoff 70% karyawannya, pindah kantor ke tempat yang lebih affordable. Saya masih sampaikan buat sabar dan sabar. Kita cari jalan bareng, kerja bareng, adjusment ini dan itu, alhamdulillah Agustus bisa mulai season 3 Nussa," tulis Felix.

Felix mengungkap, film Nussa yang rencana bakal ditayangkan di bioskop pun harus batal tayang karena kondisi yang tak memungkinkan. Pada libur Lebaran tahun lalu mestinya film Nussa juga selesai digarap.

"Berita datang lagi, seharusnya @filmnussa bisa diselesaikan di libur Lebaran 2020, bukan hanya mundur sebab pandemi, tapi dibatalkan buat ditayangkan, sebab kondisi enggak memungkinkan. Situasi tambah enggak menentu. Saya tetep bilang ke mereka buat sabar,” ucap dia.

Beralih ke waktu-waktu menjelang akhir tahun, Felix menjelaskan bahwa cobaan bagi Nussa tak kunjung usai. Ia mengatakan segala upaya telah dilakukan secara maksimal, namun akhirnya tetap tak menuai hasil yang diharapkan.

"Lagi-lagi saya bilang, "sabar". Mungkin itu bukan untuk mereka aja, tapi untuk saya sendiri, yang nyaksiin Nussa lahir, bermain-main dan menemani umat Islam di Indonesia, dengan segala haru, dan sukacitanya. Mungkin jalannya sudah sampai di sini," sebutnya.

Felix juga mengungkapkan bahwa berkali-kali serial kartun Nussa dituding memuat konten radikal dan intoleran tanpa argumen yang jelas.

Kendati begitu, ia tetap menyemangati tim kreator Nussa untuk tetap sabar dan semangat.

"Kita yakin Allah pasti akan kasih jalan, walau bukan saat ini. Di Indonesia, enggak semua yang baik, apalagi Islami bisa diapresiasi. Berkali-kali juga saya harus bilang SABAR, karena Nussa terus difitnah sebagai konten radikal dan intoleran,” kata Felix.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1 Januari Episode Terakhir

Puncaknya yaitu pada Jumat, 1 Januari 2021, menjadi tanggal terakhir episode kartun Nussa. Menurut Felix, entah sampai kapan kartun Islami itu bakal kembali diproduksi.

"Jadi, Jumat kemarin itulah episode Nussa yang temen-temen bisa nikmati untuk terakhir. Yang hanya Allah yang tahu kapan kita bisa lanjut lagi.

"Ketentuan Allah itu pasti baik," ujarnya.

Nussa adalah sebuah serial animasi Indonesia yang diproduksi oleh studio animasi The Little Giantz dan 4Stripe Productions. Animasi ini ditayangkan pada layanan berbagi-video YouTube sejak November 2018 .

Animasi ini sudah pernah tayang melalui dua saluran televisi gratis/FTA Indonesia NET. selama Ramadan 1440 H/2019 M, Indosiar sejak Oktober 2019, dan saluran berbayar Malaysia Astro Ceria di tahun yang sama.

MQTV, sebuah stasiun televisi lokal di Kota Bandung, juga menyiarkan serial ini mulai tanggal 24 Februari 2020. Pada bulan Ramadan 1441 H/2020 M, serial ini pindah ke saluran televisi gratis/FTA Indonesia Trans TV.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.