Sukses

AMSI: Kami Berkepentingan Menjaga Kualitas Jurnalistik

Wens mengatakan, selama masa pandemi Covid-19 pada 2020, AMSI menyelenggarakan tiga kegiatan melibatkan kerja sama dengan berbagai pihak.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wenseslaus Manggut menyatakan, pihaknya berkepentingan untuk terus menjaga kualitas produk jurnalistik. Karena itu AMSI membangun kerja sama dengan berbagai kalangan, baik di pemerintahan, swasta, perguruan tinggi dan kalangan lain.

"Kami berkepentingan agar produk jurnalistik bisa berkualitas," kata Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut saat memberikan sambutan secara virtual dalam acara Indonesia Digital Conference (IDC) 2020, Selasa 15 Desember 2020.

Dia mengatakan, selama masa pandemi Covid-19 pada 2020, AMSI menyelenggarakan tiga kegiatan melibatkan kerja sama dengan berbagai pihak.

"Sebelumnya, AMSI menggelar program Digital Humanities yaitu pengolahan data publik dan mendorong berkolaborasi media, kampus dan NGO," kata dia.

AMSI juga bekerja dengan dukungan Kedutaan Belanda dengan menyelenggarakan rangkaian webinar, workshop, dan hackathon Digital Humanities.

Wens menyebut, banyak data yang masih tersembunyi di pemerintahan, swasta, perguruan tinggi, ataupun lembaga lain yang bermanfaat untuk publik. Menemukan data-data itu pun tidak mudah.

"AMSI berkolaborasi dengan banyak kalangan. Dengan lembaga-lembaga pemilik data, pemilik tools analisa data, dan perlu pelatihan bagi jurnalis agar bisa menyajikan data dan enak dinikmati publik," ucapnya.

Selain itu, dia menyatakan media juga berkepentingan untuk membangun ekosistem digital yang sehat untuk menyikapi disrupsi tech company.

"Media berkewajiban menyediakan solusi atas setumpuk masalah di ekosistem itu seperti hoaks (berita tidak benar) dan hate speech," ujar Wens.

Lanjut Wens, berdasarkan pengalaman selama ini, hoaks dan hate speech itu naik ketika terjadi peristiwa besar, seperti politik yakni Pilkada dan pandemi Covid-19. Karena hal itu, AMSI menggelar kegiatan cek fakta Pilkada di sejumlah wilayah dengan bekerjasama dengan sejumlah pihak seperti Google.

AMSI juga menandatangani MoU dengan penyelenggara Pemilu seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

"Media-media AMSI ikut menyapu sampah hoaks, agar kualitas proses Pilkada membaik," jelas Wens.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Inovasi di masa pandemi Covid-19

Wens mengatakan, berkaitan dengan IDC, AMSI memilih tema inovasi. Karena, selama pandemi Covid-19 terjadi pembatasan ruang gerak aktivitas sosial demi kesehatan.

"Di tengah kesulitan itu akhirnya kita menemukan bahwa teknologi bisa menjadi solusi, dan inovasi akan membuka jalan," ujarnya.

Wens mencatat, selama masa pandemi ini, pada sektor kesehatan banyak muncul inovasi dari perguruan tinggi, misalnya ventilator dan inovasi produk masker.

"Kami mencatat ada 60 inovasi dalam dunia kesehatan yang muncul selama pandemi, dan layak mendapat apresiasi, media harus menyajikannya kepada publik," ujar Wens.

Inovasi itu muncul dari banyak tempat, bukan hanya lembaga riset formal tapi juga pemerintah daerah dan masyarakat umum. Ia mengatakan perlu kolaborasi memaksimalkan inovasi-inovasi itu.

"Sebab di era digital ini makin kita kolaboratif, akan makin efektif dan hasilnya akan makin efisien," ujarnya.

Ketua Panitia IDC 2020 Anthony Wonsono menambahkan, IDC merupakan acara tahunan AMSI yang telah berjalan selama tiga tahun. Tahun ini IDC AMSI dilaksanakan secara daring agar bisa menjangkau audiens lebih luas.

"Sebagai asosiasi media online kami bangga sekali bisa mengadakan acara tahun ini secara virtual. AMSI bisa menjangkau audiens yang lebih luas, AMSI mengambil peran untuk mengedukasi dan menginspirasi masyarakat luas," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.