Sukses

Lurah Petamburan Reaktif Covid-19, Wagub DKI: Semoga Hasil Tes Swab Baik

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan, Lurah Petamburan Setiyanto akan melakukan tes swab terkait virus Corona atau Covid-19.

"Lurah Petamburan katanya itu melalui rapid test itu reaktif. Rencananya hari ini kami juga akan melakukan swab test pada Pak Lurah mudah-mudahan hasilnya baik," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (18/11/2020).

Kata dia, saat ini pihaknya masih menunggu hasil tes swab Covid-19 tersebut. Nantinya, kontak tracing dilakukan terhadap orang-orang yang melakukan kontak dekat dengan Setiyanto.

Selain itu, Riza menyebut kantor lurah juga akan dilakukan penyemprotan disinfektan.

"Nanti hasilnya akan kita lihat. Kita akan ambil langkah selanjutnya kalau dimungkinkan nanti memang iya dengan kontak tracing kita akan lihat siapa siapa yang perlu dilakukan tes," ucapnya.

Sebelumnya, Penyidik Polda Metro Jaya memanggil sejumlah pejabat pemerintah daerah untuk klarifikasi terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 di Ibu Kota. Pemanggilan itu buntut kerumunan massa di acara Rizieq Shihab di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, beberapa hari lalu.

Sebelum memeriksa, polisi terlebih dulu melakukan tes swab antigen.  "Dari ke 10 ini kita, kita lakukan uji swab antigen namanya. Satu orang lurah dari Petamburan positif atau reaktif, yang sekarang kita rujuk ke Rumah Sakit Kramat Jati," ujar Yusri.

2 dari 3 halaman

Lurah Petamburan Langsung Isolasi Mandiri di Rumah

Lurah Petamburan Setiyanto menjalani isolasi mandiri usai mengikuti tes usap metode polymerase chain reaction (PCR) di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, setelah dinyatakan positif Covid-19 dari hasil swab antigen.

"Saya isolasi mandiri di rumah, karena nunggu hasil swab PCR. Mudah-mudahan sih negatif," kata Setiyanto saat dihubungi, di Jakarta, Selasa.

Setiyanto diketahui pada Selasa (17/11/2020) pagi mendapatkan hasil tes cepat swab antigen positif sebelum memenuhi undangan penyelidikan di Polda Metro Jaya.

Atas hasil tes cepat yang mengindikasikan Setiyanto terpapar Covid-19, maka proses klarifikasi khusus Lurah Petamburan untuk kasus kerumunan massa di rumah Rizieq Shihab di Jalan Petamburan III, Jakarta Pusat ditunda.

"Cuma saya saja tidak memenuhi undangan untuk klarifikasi karena hasil tes cepatnya positif. Kalau Pak Camat, hasilnya nonreaktif,  jadi sepertinya masih melanjutkan kegiatan di situ," kata Setiyanto.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: