Sukses

Cara Aman Periksa ke Dokter saat Pandemi Corona

Di tengah kondisi new normal, masyarakat mulai berani mengunjungi dokter untuk memeriksakaan kesehatan atau konsultasi. Agar aman dari Covid-19, berikut tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi corona membuat berbagai kegiatan berubah, termasuk juga dalam hal periksa ke dokter. Menteri Kesehatan Terawan pun meminta masyarakat untuk melakukan telemedicine saat ingin berobat ataupun berkonsultasi dengan dokter. Hal itu untuk menghindari penyebaran virus covid-19 yang kian merajalela.

Selain itu, upaya ini juga dianggap penting bagi pasien yang memiliki komorbid. Jadi pasien bisa berkonsultasi ke dokter tanpa perlu ke rumah sakit. Demikian hal itu disampaikan Menkes Terawan dalam Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR RI, Jakarta, Selasa (17/11/2020).

Namun demikian, pada masa New Normal seperti sekarang ini, banyak orang yang sudah berani ke luar rumah. Dengan penerapan berbagai protokol kesehatan, aktivitas dapat dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Tempat-tempat juga sudah tidak dibatasi jam buka lagi kendati masih ada yang dikurangi jumlah pengunjungnya. Karena sampai sekarang virus corona covid-19 masih menjadi momok yang menakutkan.

Bagi Anda yang ingin memeriksakan diri ke dokter pada pandemi sekarang ini, ada beberapa tips atau cara yang dilakukan supaya tetap aman. Apa saja tipsnya? Mari ulas lebih lengkap seperti berikut.

1. Selalu Menerapkan Protokol Kesehatan

Satu hal yang selalu tidak bosan untuk dilakukan adalah selalu upayakan untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes) standar. Misalnya saja menggunakan masker, mencuci tangan secara rutin sampai dengan melakukan physical distancing.

Protokol kesehatan tersebut memang terlihat sangat gampang dilakukan, namun dalam prakteknya di lapangan masih banyak sekali orang yang baik. Maka dari itulah demi keselamatan diri, keluarga, dan orang lain, selalu terapkan prokes di mana pun berada.

2. Menggunakan Kendaraan Pribadi

Untuk sementara ini guna menghindari paparan virus corona covid-19 di alat transportasi, ada baiknya menggunakan kendaraan pribadi. Bisa mobil, kendaraan roda dua, atau sebagainya. Dengan begini, setidaknya Anda hanya kontak dengan keluarga saja. Jika tidak memungkinkan naik kendaraan pribadi, bisa yang umum.

Namun pastikan kendaraan umum yang dipilih tersebut menerapkan protokol kesehatan. Misalnya saja mengurangi jumlah penumpang, sehingga tidak terlalu padat merayap. Para staf, seperti supir atau petugas tiket pada alat transportasi menggunakan masker. Jika masih takut menggunakan bus atau angkutan umum lain, bisa kendaraan online yang lebih pribadi.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Berikutnya

3. Daftar Konsultasi atau Periksa Secara Online

Perkembangan teknologi memang membuat banyak hal dimudahkan. Pun sama halnya saat periksa ke rumah sakit. Sekarang sudah banyak aplikasi yang digunakan untuk daftar online rumah sakit. Pada masa pandemi, daftar secara online lebih banyak dipilih karena memang mengurangi interaksi dengan banyak orang. Selain itu, Anda tidak perlu capek-capek menunggu antrean, apalagi saat jam-jam padat.

Di luar sana memang banyak sekali aplikasi untuk daftar online rumah sakit, namun salah satu yang menawarkan segudang kemudahan adalah Okadoc. Yakni sebuah perusahaan teknologi kesehatan yang sudah ada sejak tahun 2018.

Di Indonesia sendiri, banyak rumah sakit dan dokter yang tergabung dalam aplikasi Okadoc ini. Bagi para penggunanya sendiri, Okadoc akan memberikan pelayanan yang maksimal. Saat calon pasien sudah melakukan booking dokter secara online di Okadoc, akan ada notifikasi di aplikasi atau lewat SMS. Jadi tidak khawatir kelewatan jadwal periksa terlewat.

Jika tidak bisa ke rumah sakit, bisa melakukan konsultasi secara virtual juga ya. Bisa lewat video call atau chat. Dalam hal ini Okadoc juga akan sangat membantu. Tidak jarang mereka memberikan promosi-promosi yang menggiurkan. Supaya mengetahui informasi lebih jauh, segera daftarkan diri dan buat akun di Okadoc sekarang juga.

4. Ikuti Prosedur Screening di Rumah Sakit

Saat sampai di rumah sakit, ikuti prosedur screening dengan baik. Biasanya akan dilihat suhu tubuh atau ditanya punya riwayat bepergian atau tidak sebelumnya. Jika ada yang tidak beres, misalnya saja suhu badan cukup tinggi biasa langsung melakukan tes. Namun jika dinilai calon pasien aman, biasanya langsung melenggang dengan santainya.

Terapkan cara-cara di atas supaya kesehatan tetap jadi prioritas utama meski saat pandemi. Semuanya harus ekstra hati-hati saat pandemi seperti sekarang ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.