Sukses

Top 3 News: Menkominfo Akan Copot Konten Video Syur Video Mirip Gisel di Medsos

Top 3 News, Kominfo siap melakukan takedown konten video berisi adegan syur seorang pria dengan wanita yang mirip selebritas Gisella Anastasia atau Gisel di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 News hari ini, video beradegan mesum yang memperlihatkan seorang wanita mirip penyanyi Gisella Anastasia atau Gisel, tengah jadi sorotan. Kemiripan yang dimiliki keduanya membuat jagat maya bergemuruh.

Terkait beredarnya video syur mirip penyanyi dan pemain sinetron, Gisel itu, Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Bidang Digital dan Sumber Daya Manusia Dedy Permadi menyatakan, pihaknya akan mencopot konten tersebut dari media sosial (medsos).

Dan untuk pihak-pihak yang telah sengaja menyebarluaskan video tersebut, akan djerat dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dengan ancaman 4 tahun penjara.

Selain berita Gisel, kabar lain yang juga tak kalah disorot pembaca yakni terkait kondisi Gunung Merapi yang kini telah berstastus level III atau siaga.

Dari hasil pantauan Balai Penyeledikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Sabtu, 7 November pagi di sejumlah pos pengamatan, kondisi di sekitar lereng Merapi berkabut.

Kondisi suhu serta tingkat kelembapan di sekitar Gunung Merapi kerap berubah. Sementara, arah angin cenderung mengarah ke barat. 

Sementara itu, terkait berita kedatangan pemimpin FPI, Rizieq Shihab ke Tanah Air mendapat tanggapan dari Duta Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh.

Sebelumnya mencuat kabar bahwa kepulangan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) itu karena dugaan overstay. Namun, belakangan hal ini dibantah keras Rizieq dan mengatakan akan menuntut orang yang telah menuduhnya.

Sikap yang ditunjukkan Rizieq Shihab disebut Dubes Agus lantaran adanya ketidakpahaman pemimpin FPI itu terkait hubungan antarnegara dalam Islam yang mengatur rambu-rambu diplomatik. 

Menurut Agus, Rizieq terbukti salah memahami layar pertama dalam dokumen keimigrasian.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Sabtu, 7 November 2020:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Heboh Video Syur Mirip Gisel Anastasia, Menkominfo Turun Tangan

Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Digital dan Sumber Daya Manusia Dedy Permadi mengatakan bahwa Kominfo siap melakukan takedown atau mencopot konten video berisi adegan syur seorang pria dengan wanita yang mirip selebritas Gisella Anastasia atau Gisel yang beredar di media sosial.

"Kominfo sudah dan terus menelusuri video yang dimaksud di berbagai platform medsos. Paralel kami berkoordinasi dengan platform medsos terkait untuk melakukan takedown. Beberapa di antaranya sudah dilakukan takedown," ujar Dedy seperti dikutip dari Antara, Sabtu (7/11/2020).

Dunia maya dihebohkan dengan beredarnya video tidak senonoh antara laki-laki dan perempuan. Video ini menjadi viral di media sosial.

Banyak warganet yang menyebut sosok wanita di video itu adalah Gisella Anastasia, bahkan tagar Gisel pun sempat menjadi trending topic di Twitter. Tak sedikit pula warganet yang menyebarluaskan tangkapan layar dan video tersebut.

Terkait hal ini, Dedy mengatakan bahwa orang yang menyebarluaskan konten tersebut akan terjerat Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Potret Gunung Merapi Sabtu 7 November 2020 Pagi

Gunung Merapi di Magelang, Jawa Tengah kini berada di level III atau siaga. Kenaikannya statusnya dimulai sejak, Kamis, 5 November siang, sekitar pukul 12.00 WIB. 

Pihak Balai Penyeledikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) bahkan melaporkan adanya potensi erupsi yang dapat timbulkan akibat aktivitas vulkanik dari Gunung Merapi, seperti guguran lava, lontaran material hingga awan panas.

Lantas, seperti apa kondisi terkini dari Gunung Merapi?

Lewat akun Twitternya @BPPTKG, pukul 07.00 WIB, Sabtu (7/11/2020) melaporkan kondisi puncak Merapi dari sejumlah pos pengamatan Gunung Merapi (PGM). Salah satunya dari PGM Kaliurang. 

"Via PGM.Kaliurang visual #Merapi berkabut, suhu udara 21.2 °C, kelembaban 75 %rh, pressure 920.2 hpa, angin perlahan hingga sedang ke arah barat.#statussiaga," tulis BPPTKG. 

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Rizieq Shihab Dicap Overstayer, Dubes Agus Maftuh: Bukan Kami yang Katakan tapi Saudi

Duta Besar Republik Indonesia Agus Maftuh tak ambil pusing dengan ancaman hukum dari Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab yang enggan dicap sebagai overstayer selama di Saudi.

Agus memandang, justru ada yang keliru pandang dilakukan Rizieq terhadap ancaman langkah hukum tersebut.

"Ini akibat salah dalam memahami teks-teks dokumen, kita maklumi karena Pak Rizieq Shihab juga belum mengerti ilmu kekonsuleran termasuk keimigrasian Arab Saudi sehingga akibatnya dia menebar ancaman akan menuntut orang yang melabeli dia dengan overstay," tulis Agus melalui pesan singkatnya, Sabtu (7/11/2020).

Agus melanjutkan, pihaknya juga memaklumi bila Rizieq Shihab belum paham betul ilmu hubungan antarnegara dalam Islam yang mengatur rambu-rambu diplomatik.

Menurut Agus, Rizieq terbukti salah memahami layar pertama dalam dokumen keimigrasian dan belum melihat layar selanjutnya hingga selesai.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.