Sukses

LIRA: Kementerian Sosial Berada di Jalur Kerja yang Benar

LIRA dengan sistem shadow government-nya menilai kalaupun ada yang menyeleweng biasanya oknum yang cari makan di luar Kemensos.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Sosial mendapat apresiasi atas kinerjanya dalam 1 tahun masa bakti. Apresiasi datang dari DPR, para kepala daerah, sampai penerima manfaat bansos itu sendiri. Selain itu, tingkat kinerja Kemensos juga dinilai memuaskan oleh DPP Lumbung Informasi Rakyat (LIRA), salah satu LSM pemantau kepemerintahan di Indonesia.

"LIRA bukanlah LSM pemuja pemerintah, sejak 15 tahun lalu kami berdiri, kami menjadi mitra strategis lintas rezim, sejajar dan kritis namun konstruktif. Kami tidak bisa diatur dalam penilaian. Pendangan kami adalah representasi suara rakyat yang berdasar fakta-fakta," jelas Presiden LIRA Ollies Datau.

Ibu yang biasa disapa OD ini pun mengapresiasi kinerja Kemensos atas serapan anggaran tertinggi.

"Berdasarkan data realisasi anggaran kementerian dan lembaga (KL), Kemensos telah menurunkan 82.30% anggaranya. Mereka peringkat 1 dari 85 KL, sisa 3 bulan tinggal 17% lagi yang harus diselesaikan. Ini harus jadi teladan semua KL," ujar dia.

Mantan model ini mengingatkan agar Kemensos tetap menjaga dan meningkatkan kinerja baiknya.

"Serapan anggaran rata-rata Kementerian lain 65.32%, Kemensos sudah melampaui jauh. Artinya anggaran negara disampaikan dengan baik sesuai tujuanya pada rakyat. Terlepas dari adanya negative minor case di lapangan, Kemensos sudah bekerja di jalur yang benar," puji OD.

Mendukung pandangan ini, Sekretaris Jenderal DPP LIRA Budi Siswanto ikut bersuara.

"Program Jaring Pengaman Sosial (JPS) adalah satu gagasan konkret. Ini menjadi kinerja yang menggambarkan kehadiran pemerintah untuk rakyat. Kita mengamati terus di lapangan, penyaluranya sdh cukup baik. Kalaupun ada yang macam-macam, para Gubernur LIRA, Bupati LIRA dan Wali Kota LIRA bersama pengurus di lapangan yang akan sikat," tegas dia.

Penggemar sepeda Brompton ini mengungkapkan, LIRA dengan sistem shadow government-nya menilai kalaupun ada yang menyeleweng biasanya oknum yang cari makan di luar Kemensos.

"Kita jadi fungsi kontrol pemerintah, sayang kalau program bagus, tujuan bagus, personil bagus, dinodai oknum pemain ketiga yang buruk. LIRA siap mengawal dan membantu menyalurkan ke pelosok negeri dengan jaringan kami yang ada di setiap kabupaten kota," tegas Budi.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Kemensos Diteruskan

Menguatkan dukungan DPP LIRA, Wakil Sekretaris Jenderal DPP LIRA, Varhan Abdul Aziz menyatakan apresiasinya atas kinerja Kemensos yang sudah menyentuh puluhan juta penerima manfaat.

"Program Sembako BPNT 20 juta keluarga penerima manfaat (KPM), Program Keluarga Harapan (PKH) 10 juta KPM, Bansos Jabodetabek 1.9 juta KPM, Bansos Tunai di luar Jabodetabek 9 juta KPM, Bansos Beras 10 juta KPM, dan Bansos KPM Sembako non PKH 9 juta KPM. Artinya, sudah 60 juta keluarga menerima manfaat, salut!" serunya.

Aktivis ini berharap program Kemensos harus diteruskan konsisten di 2021 dan 2022 karena pandemi yang belum jelas kapan berakhir.

"Kalau satu keluarga berisikan rata-rata 2 orang, sudah 120 juta penerima manfaat. Artinya setengah dari penduduk Indonesia akan mendapatkan bantuan ini. Di tengah pandemi seperti ini dukungan pemerintah menjadi penyambung hidup yang berharga," beber Varhan.

Survei Charta Politica menjabarkan, Mensos Juliari P Batubara masuk dalam 7 Menteri berkinerja terbaik. Berdasarkan data Kemensos tanggal 21 Oktober 2020, dari Rp 128.2 triliun pagu anggaran, Rp 105.67 triliun telah direalisasikan.

Dalam pelaksanaan Pemulihan Ekonomi Nasional Bidang Perlindungan Sosial, Kemensos menjalankan peran strategis dengan melaksanakan 63.5% dari total anggaran 203.9 triliun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kemensos atau Kementerian Sosial adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan sosial.

    kemensos

  • Lira