Sukses

Sambut Musim Hujan, Pemerintah Kota Depok Pantau Area Rawan Longsor

Memasuki musim penghujan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok memantau area-area yang rawan longsor.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki musim penghujan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok memantau area-area yang rawan longsor. Hal ini guna menekan risiko bencana.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Denny Romulo Hutahuruk mengatakan relawan sudah diturunkan untuk menyusuri Sungai Ciliwung guna mendata area yang rawan longsor.​​​​

"Selama susur sungai, relawan kita minta mencatat titik rawan longsor dan lokasi sampah," kata Denny seperti dilansir Antara, Sabtu (24/10/2020).

Susur Sungai Ciliwung untuk mendata area rawan longsor dilakukan dari kolong Tol Cijago sampai pos pantau Saung Bambon Riverside dengan melibatkan 16 relawan Aksi Cepat Tanggap MRI Depok, lima relawan dari Retana, dan 15 anggota Sahabat Ciliwung.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Catatan

Pada kegiatan itu, mereka menyusuri area sungai sepanjang enam kilometer menggunakan tujuh perahu karet.

"Kami mencatat ada tiga titik potensi longsor dan dua titik sampah. Selain itu, kita juga menemukan bangunan yang melanggar garis sempadan sungai (GSS)," kata Denny.

Ia menambahkan, kegiatan susur sungai juga mencakup edukasi kepada masyarakat mengenai pelestarian daerah aliran sungai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.