Sukses

Menko PMK: Penanganan Covid-19 di Indonesia Sudah Sesuai Trek yang Benar

Muhadjir menilai, kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia bisa terkendali, disertai dengan total rasio fatalitas yang juga bisa terkendali.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan, penanganan pandemi Covid-19 sudah dalam trek yang benar. Dia menyebut  pemerintah terbilang sebagai negara yang baik penanganan Covid-19 dari sisi kesehatan dan dampak ekonomi yang diakibatkan.

"Sekarang hampir tujuh bulan kita berada dalam trek yang benar menurut saya. Dibanding negara lain kalau diukur dari jumlah penduduk, maka kita termasuk negara yang menangani Covid-19 dengan baik," jelas Muhadjir seperti dilansir Antara, Rabu (14/10.2020).

Muhadjir menilai, kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia bisa terkendali, disertai dengan total rasio fatalitas yang juga bisa terkendali. Selain itu angka kesembuhan semakin meningkat dan semakin cepat dari waktu ke waktu.

"Yang penting kita bisa menjaga keseimbangan antara risiko kesehatan, risiko sosial dari dampak Covid-19, dan risiko ekonomi," kata Muhadjir.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekonstruksi Ekonomi

Saat ini, Indonesia sudah mencapai tahapan rehabilitasi dan rekonstruksi ekonomi. Pandemi di Indonesia sekaligus mengubah cara kerja dan sistem serta mengubah pola penanganan dan organisasi.

Namun walau bagaimanapun, Muhadjir menekankan bahwa masalah keselamatan kesehatan penduduk harus tetap diutamakan tetapi penanganan kesehatan publik tidak mungkin mengabaikan kondisi ekonomi.

Muhadjir berpendapat kalau pemerintah mengabaikan ekonomi dalam waktu lama, maka keterpurukan ekonomi akan semakin dalam dan pemulihannya akan semakin sulit dan lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.