Sukses

Wagub DKI: Warga Jakarta Jangan Takut Tes Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta masyarakat Ibu Kota tidak takut melakukan tes terkait virus Corona atau Covid-19.

Riza sempat menyebut ada sebagian warga DKI Jakarta yang tidak mau tes dengan alasan takut tertular.

"Memang di awal-awal, ada sebagian masyarakat, sebagian kecil sebetulnya yang takut dilakukan testing, takut terpapar, kemudian diisolasi," ujar Riza usai meninjau RSUD Covid-19 Pasar Minggu, Jakarta, Sabtu (3/10/2020).

Maka dari itu, dalam draf Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) penanganan Covid-19 yang tengah disusun pihaknya dan DPRD DKI Jakarta disisipkan pelarangan menolak tes dan tracing Covid-19.

"Jadi, warga tidak usah khawatir, tidak usah takut apalagi menghindar dari testing. Justru dengan testing, kita bisa memberikan penanganan dan pelayan lebih baik," kata Riza.

Kepada seluruh warga, dia pun meminta agar mengikuti arahan dari Pemprov DKI demi memimalisasi penyebaran Covid-19. Riza meminta masyarakat yakin bahwa Covid-19 itu benar ada.

"Kita ini harus yakin (Covid-19 ada), setiap hari kita lihat berita, setiap hari kita lihat ada yang dirawat, ada yang terpapar, bahkan setiap hari kita lihat ada yang dimakamkan. Jadi, tidak ada alasan lagi kalau masih ada warga yang menganggap tidak ada Covid-19," kata Riza.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Covid-19 Ada di Seluruh Dunia

Riza juga mengatakan, virus Corona Covid-19 ini tidak hanya ada di DKI Jakarta atau Indonesia, melainkan hampir seluruh belahan dunia. 

"Dan ini terjadi di seluruh dunia, harusnya yakin bahwa Covid-19 ada. Justru upaya kita sejak awal, sekarang, dan terus mencari solusi terbaik untuk pencegahan dan penanganannya," ucap Riza.

Sementara itu, 4.007 orang dilaporkan terkonfimasi positif virus Corona atau Covid-19, Sabtu (3/10/2020). Dari penambahan tersebut, maka jumlah keseluruhan kasus positif di Tanah Air menjadi 299.506 orang.

Kemudian, 83 pasien meninggal dunia pada hari ini. Sehingga angka kematian di Indonesia akibat terpapar Covid-19 menjadi 11.055 orang.

Selain itu, sebanyak 3.712 pasien diaporkan sembuh dan dinyatakan tak lagi terinfeksi virus Corona. Jadi total kasus sembuh Covid-19 menjadi 225.052 orang.  

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: