Sukses

Jokowi Resmikan Jalan Tol Pertama di Sulawesi Utara

Gerbang tol Manado-Bitung yang hanya berjarak 12 menit dari Bandara Sam Ratulangi diharapkan dapat berdampak positif bagi perekonomian di Sulawesi Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Jalan Tol Manado-Bitung, ruas Manado-Donowudu secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (29/9/2020). Ini merupakan jalan tol pertama yang ada di Sulawesi Utara.

"Alhamdulillah jalan tol Manado-Bitung ruas Manado-Donowudu sepanjang 26 kilometer sudah rampung dan sekarang sudah bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan usaha dan memudahkan transportasi masyarakat nanti," kata Jokowi saat meresmikan seperti yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden.

Dia menyebut, gerbang tol Manado-Bitung hanya berjarak 12 menit dari Bandara Sam Ratulangi sehingga diharapkan dapat berdampak positif bagi perekonomian di Sulawesi Utara.

Bukan hanya itu, Jokowi mengatakan keberadaan jalan tol ini dapat memangkas waktu perjalanan masyarakat dari Manado ke Bitung dan sebaliknya.

"Melalui jalan tol ini waktu tempuhnya akan menjadi jauh lebih cepat, yang dulu ditempuh satu setengah jam sekarang hanya setengah jam saja. Ini sebuah kecepatan perubahan kecepatan yang sangat berubah sekali," jelas Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tol Manado-Bitung

Jalan Tol Manado-Bitung dikelola oleh PT Jasamarga Manado Bitung (JMB), kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Total panjang Jalan Tol Manado-Bitung adalah 39 Km yang dibangun dengan konsep Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

Jalan tol ini terdiri dari dua seksi, Seksi 1 Manado-Airmadidi sepanjang (14 Km) yang dibangun Pemerintah dan Seksi 2 Airmadidi-Bitung (25 Km) yang dibangun PT JMB. Jalan Tol Manado-Bitung yang dibangun sejak tahun 2017 tersebut memiliki total investasi sebesar Rp4,95 Triliun dengan masa konsesi 40 tahun.

Jalan Tol Manado-Bitung sendiri memiliki total lima Gerbang Tol (GT), yakni GT Manado, GT Airmadidi, GT Kauditan, GT Danowudu, dan GT Bitung. Jalan tol ini juga direncanakan memiliki total dua rest area, yang terletak di di STA 3+000 (arah Manado) dan STA 3+500 (arah Bitung).

Selain itu, Jalan Tol Manado-Bitung akan dilengkapi dengan lima simpang susun dan dua belas jembatan. PT JMB juga siap mengoperasikan pelayanan lalu lintas lainnya untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan seperti dua unit Patroli Jalan Raya (PJR), tiga unit Mobile Customer Service (MCS), satu unit Rescue, satu unit Ambulance serta tiga unit Derek

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.