Sukses

Sandiaga Sebut Banyak Perempuan Ciptakan Lapangan Kerja Saat Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi virus Covid-19 menekan perekonomian di Indonesia, terlebih sejak diberlakukannya PSBB sehingga menekan beberapa sektor industri seperti manufaktur, perdagangan, dan lainnya.

Politisi Gerindra Sandiaga Uno, menyadari hal ini membuat kurangnya lapangan pekerjaan dan berdampak negatif terhadap dunia usaha, termasuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Meski demikian, hal ini tak membuat banyak pengusaha berhenti berinovasi, termasuk para kaum perempuan di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Sandiaga dalam webinar bertajuk 'Wanita Kuat Indonesia Hebat' yang diselenggarakan komunitas Womenpreneurs bersama 12bros.

"Kenapa UMKM didominasi perempuan? Karena berdasarkan research diketahui usaha yang dibangun dan dikelola oleh kaum perempuan, ibu-ibu, emak-emak itu memiliki tingkat kesuksesan 80 persen dibandingkan usaha milik bapak-bapak," kata Sandiaga dalam keterangannya, Jumat (25/9/2020).

Menurut dia, usaha inilah yang terus menggerekan perekonomian di tengah pandemi Covid-19.

"Jadi usaha-usaha ini yang bertahan dan menggerakkan roda perekonomian kita saat ini," ungkap Sandiaga.

Kesuksesan kaum perempuan dalam mengelola usaha itu dibuktikannya lewat program OK OCE yang kini memiliki lebih dari 400.000 orang anggota di seluruh Nusantara.

Dirinya mengamati para ibu yang tergabung dalam OK OCE Indonesia itu lebih berhasil dalam membangun jejaring antara pelaku UMKM dibandingkan pelaku usaha pria.

Sebab diketahui, jejaring tersebut merupakan kunci utama dalam mengelola dan mengembangkan usaha.

"Lewat jejaring kita bukan cuma bisa pasarkan produk milik sendiri, tapi juga bisa berbagi informasi mengenai tren, pasar juga ajang silaturahmi, itu yang paling penting," ungkap Sandiaga.

 

2 dari 3 halaman

Peran Strategis Perempuan

Merujuk potensi yang dimiliki oleh kaum perempuan, Sandiaga menegaskan, peran nyata dan strategis perempuan sangat dibutuhkan.

Karena berdasarkan penelitian, lanjutnya, kaum perempuan memiliki adaptasi dan kemampuan bertahan yang lebih besar dibandingkan pria.

"This is the time, di sini dibutuhkan peran perempuan. Lead, pimpinlah dengan apa yang kita punya, yakinlah badai ini akan berlalu, yakinlah kesempatan dan masa depan yang cerah akan kita sambut," jelas Sandiaga.

"Karena kita tahu, dibalik laki-laki yang sukses, pasti ada perempuan yang hebat dan saya sangat percaya itu," tutup dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: