Sukses

PPNI: 85 Perawat Meninggal Dunia karena Covid-19

Ketua Umum DPP Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Harif Fadhilah, mengatakan 85 perawat di Indonesia meninggal dunia karena Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum DPP Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Harif Fadhilah, mengatakan 85 perawat di Indonesia meninggal dunia karena Covid-19. Mereka meninggal setelah berjuang menangani pasien yang terpapar virus SARS-CoV-2.

"Di perawat sendiri saat ini sudah 85 orang yang wafat di dalam perjuangan Covid-19," ujarnya dalam Talk Show Benteng Terakhir Penanganan Covid-19 di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Selasa (22/9/2020).

Harif menyebut, jumlah perawat yang terpapar Covid-19 belum terdata seluruhnya. Hingga saat ini, data yang masuk ke PPNI baru berasal dari empat provinsi, yakni Jawa Timur, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan dan Bali.

Jawa Timur melaporkan 884 perawat terjangkit Covid-19, DKI Jakarta 1.629, Sulawesi Selatan 350 dan Bali 156 perawat. Total perawat yang terinfeksi Covid-19 di empat provinsi tersebut mncapai 3.019 orang.

"Data perawat yang positif Covid-19 di Bali itu per 9 Agustus," jelas Harif.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Alarm

Banyaknya perawat yang terpapar Covid-19 menjadi alarm bagi pemerintah dan organisasi profesi PPNI. Harif mengapresiasi langkah pemerintah yang melakukan pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) secara gratis kepada tenaga kesehatan di Tanah Air, termasuk perawat.

"Kami berharap ini berjalan terus dan konsisten kepada semua provinsi. Paling tidak provinsi yang menjadi episentrum kepada teman-teman kami petugas kesehatan agar mereka merasa nyaman, merasa diri aman untuk melayani dan tidak menjadi sumber penularan bagi yang lainnya," kata Harif.

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19