Sukses

803 Apoteker Positif Covid-19, 6 Orang Meninggal Dunia

Liputan6.com, Jakarta Ketua Bidang Apoteker Advance dan Spesialis PP Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Kerry Lestari Dandan, mengungkapkan 803 apoteker di Indonesia terpapar Covid-19 saat menjalankan tugas. Enam di antaranya meninggal dunia.

"Ada 6 korban yang meninggal," katanya dalam Talk Show Benteng Terakhir Penanganan Covid-19 di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Selasa (22/9/2020).

Kerry menyebut, dari 803 apoteker yang terjangkit virus SARS-CoV-2 itu, 640 orang berhasil sembuh. Mereka dinyatakan sembuh setelah menjalani isolasi mandiri.

"283 Kontak erat dengan kasus Covid-19," sambungnya.

Kendati banyak apoteker yang terpapar Covid-19, Kerry memastikan Ikatan Apoteker Indonesia tetap menjalankan tugasnya. Menjadi korban Covid-19 dianggap sebagai salah satu risiko dalam menjalankan tugas profesi.

"Apapun yang terjadi apoteker harus tetap bersama masyarakat. Terutama mengawal penggunaan obat yang memang rasional dan memang mempunyai kemanfaatan dan aman bagi masyarakat," tegasnya.

2 dari 3 halaman

Disiplin Protokol Kesehatan

Guna meminimalisir apoteker terjangkit Covid-19, Ikatan Apoteker Indonesia meminta anggotanya untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. Apoteker harus memastikan menjalankan SOP (Standard Operating Procedure) dengan benar saat melayani masyarakat.

"Sehingga mereka tetap dapat melaksanakan pelayanan kefarmasian dengan baik walaupun dalam kondisi pandemi dan tetap terjaga kesehatannya untuk menjamin kesinambungan kesehatan dari apoteker tersebut," kata Kerry.

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: