Sukses

BMKG Cek Suara Dentuman Terdengar di Jaksel

Pengguna media sosial Twitter ramai memperbincangkan suara dentuman yang terdengar kencang di sejumlah wilayah di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna media sosial Twitter ramai memperbincangkan suara dentuman yang terdengar kencang di sejumlah wilayah di Jakarta. Mayoritas warganet bercerita suara dentuman itu terdengar di wilayah Jakarta Selatan sekitar pukul 19.45 WIB. 

Menanggapi itu, Ketua Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengaku masih akan menyelidiki kejadian tersebut. Pihaknya belum dapat memastikan asal suara dentuman tersebut.

"Mohon kami cek dulu, terima kasih," kata Dwikorita Karnawati, saat dihubungi Merdeka.com, Minggu malam, (20/9/2020).

Hal senada juga disampaikan Kepala Bidang Mitigasi, Gempa Bumi, dan Tsunami BMKG, Daryono. Dia belum dapat memberikan penjelasan lebih lanjut dengan kejadian ini. "'Dioprek' dulu nih mas," kata Daryono saat dihubungi Liputan6.com, Minggu malam (20/9/2020).

Sebelumnya suara dentuman mengagetkan warga di kawasan Jakarta Selatan. Henny yang warga Cikoko Timur, Pancoran, Jakarta Selatan mengalami mendengar suara itu.

"Iya tadi dengar kira-kira jam setengah 8," kata Henny saat berbincang dengan merdeka.com, Minggu (20/9/2020).

 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disertai Getaran

Henny sempat mengira suara itu berasal dari ban truk yang pecah. Sebab bunyi serupa beberapa kali dia dengar tetapi suaranya tidak kencang.

"Rumah aku kebetulan dekat jalan Cawang, kan itu banyak lalu lalang truk, jadi kadang kalau ada truk pecan ban kedengaran juga tuh pas meletus. Apalagi kalau tengah malam kedengar banget. Tapi emang gak sekeras tadi," katanya.

Dia sempat curiga saat mendengar kerasnya suara dentuman. Apalagi sempat terasa sedikit getaran. Tetapi dia tak terlalu menghiraukan.

"Aku dengarnya sekali sih, tapi abis itu gak terlalu fokus ke situ," katanya.

Henny sempat bertanya ke sejumlah tetangganya. Ternyata, mereka juga sempat mendengar.

"Mereka juga dengar dan tanya bunyi apa ya tadi," sambung Henny.

Reporter: Lia Harahap

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.