Sukses

Doni Monardo: 45 Wilayah Kota dan Kabupaten Masih Berstatus Zona Merah Corona

Menurut data BNPB, dari 309 kabupaten/kota, terdapat 45 yang berstatus beresiko tinggi atau berzona merah.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Satgas Nasional Covid-19 Doni Monardo merinci, zona-zona penyebaran virus corona di 270 wilayah yang melangsungkan Pilkada 2020.

Menurut data BNPB, dari 309 kabupaten/kota, terdapat 45 yang berstatus beresiko tinggi atau berzona merah. 

"Ini semua sangat tergantung dari perkembangan apabila daerah-daerah yang disebut bisa bekerja keras bersama untuk mencegah penularan sangat mungkin status zonannya bisa berubah," kata Doni dalam keterangannya, Kamis (10/9/2020).

Selain itu zona merah, ada 152 kabupaten/kota beresiko sedang atau zona orange, kemudian 72 kabupaten/kota berwarna kuning atau beresiko rendah.

"Sisanya 26 kabupaten kota tidak ada kasus baru selama satu bulan ini, tak ada angka kasus positif dan sembuh 100 persen, wafat pun tidak ada, dan 14 kabupaten kota tidak terdampak dampak sama sekali," jelas Doni.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bentuk Kesadaran Kolektif

Doni mengatakan, masalah Covid-19 bukanlah hanya masalah kedisiplinan pribadi, namun juga menjadi kesadaran kolektif.

Karenanya dia berharap, ke depan, satu sama lain masyarakan harus saling mengingatkan dengan tujuan dapat mengurangi resiko.

"Jadi saya mengajak pimpinan daerah untuk memperhitungkan resiko yang berhubungan dengan kesehatan kesiapsiagaan dari personel medis rumah sakit dan alat kelengkapan lainnya," Doni menandaskan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.