Sukses

Transjakarta Perpanjang Waktu Operasional Bus Listrik Blok M-Balai Kota DKI

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Nadia Diposanjoyo menuturkan, terdapat perubahan waktu operasional bus listrik rute Balai Kota DKI, Jakarta Pusat-Blok M, Jakarta Selatan.

"Waktu layanan operasional bus listrik yang sebelumnya waktu operasional dimulai Pukul 10.00 WIB-20.00 WIB, pada Senin (13/07/2020) menjadi pukul 08.00 WIB-20.00 WIB," kata Nadia dalam keterangan tertulisnya, Senin.

Dia menjelaskan, perubahan waktu operasional itu untuk ujicoba ketahanan baterai yang sebelumnya hanya beroperasi selama 10 jam per hari. Rencananya, bus listrik akan melayani penumpang hingga 17 jam per hari.

"Mulai hari ini beroperasi setiap hari menjadi 12 jam untuk kemudian menuju 17 jam menyesuaikan layanan operasional Transjakarta," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Transjakarta Sardjono Jhony akan menguji coba 2 bus listrik selama tiga bulan ke depan. Jumlah bus yang diuji kemungkinan akan terus bertambah.

"Kita sudah punya dua bus listrik yang akan kita uji coba. Sementara kami direksi Transjakarta mencanangkan 100 bus untuk uji coba sampai akhir tahun," kata Sardjono saat konferensi pers daring, Senin (6/7/2020).

2 dari 3 halaman

Tak Keluarkan Asap dan Suara Bising

Dia menjelaskan saat pengoperasian, bus listrik tidak akan menimbulkan suara bising ataupun berisik. Selain itu bus listrik juga tidak akan menimbulkan asap.

Sardjono juga menyatakan bus listrik sebelumnya sudah dilakukan pra-uji coba di sejumlah titik di Jakarta. Salah satunya yakni di kawasan Monas.

"Ada juga di TMII, Ancol, area perkantoran, kawasan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) hingga area kampus dan sekolah," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: