Sukses

PKS Nilai RUU HIP Cenderung Kaburkan Nilai Murni Pancasila

Liputan6.com, Jakarta Anggota DPR RI Fraksi PKS Nur Azizah Tamhid menyebut RUU HIP yang banyak menuai kecaman dan penolakan masyarakat, dipandang cenderung mengaburkan nilai murni Pancasila sebagai pedoman hidup berbangsa dan bernegara dalam kebhinekaan.

"Banyak aspirasi masyarakat soal penolakan terhadap RUU HIP, juga isu yang sempat ramai yakni adanya wacana penyederhanaan kurikulum 2013 dengan meleburkan beberapa mata pelajaran, dimana PPKN bakal dilebur dengan mata pelajaran agama menjadi Pendidikan Agama, Kepercayaan, dan Nilai-nilai Pancasila," ujar Anggota Komisi VIII melalui keterangannya yang diterima Kamis (9/7/2020).

Nur Azizah menambahkan walau belum sampai pada keputusan penetapan, beberapa isu dan wacana banyak ditentang oleh masyarakat.

"Meski memang bukan negara Agama, Undang-undang Dasar RI 1945 secara tegas dan jelas dalam alinea ke 4 juga serta Bab XI pasal 29 ayat 1 bahwa Negara kita berdasar atas Ketuhanan yang Maha Esa," ujar Nur Azizah.

2 dari 3 halaman

Agama Jadi yang Utama

Nur Azizah melanjutkan, Agama yang mengatur tatanan kehidupan dengan sempurna, wajib dan seharusnya mendapat porsi utama dalam pendidikan di semua jenjang mulai pra sekolah hingga sekolah tinggi.

"Dalam menghadapi carut marut problem yang sedang dihadapi saat ini, baik krisis akibat pandemic Covid-19 dan lainnya, sudah seharusnya kita kembali bersungguh menjalankan nilai agama yang dimulai dari pribadi, keluarga dan masyarakat karena inilah kunci tercapainya kenyamanan hidup dunia dan akhirat," tegas Politisi perempuan Anggota Komisi VIII DPR RI ini.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: