Sukses

Kemendikbud: Ada Ancaman Putus Sekolah di Papua, Pasca-Pembelajaran Jarak Jauh

Kemendikbud, menurut Totok, akan melakukan berbagai cara mencegah agar putus sekolah tidak terjadi.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Totok Suprayitno menyatakan, pihaknya mendapat laporan dari para guru di Papua yang khawatir angka putus sekolah meningkat pasca-kebijakan Belajar Dari Rumah (BDR) akibat pandemi Covid-19.

"Kami terima informasi dari Papua ketakutan akan kemungkinan putus sekolah. Para guru khawatir setelah BDR (belajar dari rumah) anak tidak kembali lagi ke sekolah," kata Totok saat rapat dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/7/2020).

Kemendikbud, menurut Totok, akan melakukan berbagai cara untuk mencegah agar putus sekolah tidak terjadi.

"Ini salah satu isu kebijakan yang perlu kita tangani atau cegah sebelum ancaman putus sekolah ini betul-betul terjadi," ucapnya.

Selain itu, Kemendikbud juga tengah menyiapkan modul untuk memudahkan para siswa yang tidak terjangkau internet melakukan pembelajaran jarak jauh. Salah satunya dengan mendorong peningkatan interaksi orangtua-anak selama pembelajaran di rumah.

"Interaksi orangtua hal yang bagus, saya kira perlu didorong jadi kebiasaan baru. Nanti kalau selama ini barangkali interaksi hanya untuk hal-hal administratif, perlu ditingkatkan untuk hal-hal yang substantif terkait optimalisasi proses belajar dan kesejahteraan psikologis siswa," tandasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siswa Kesulitan Belajar Selama PJJ

Sebelumnya, Totok menyatakan pihaknya telah melakukan dua kali survei tentang pembelajaran dari rumah terhadap para guru dan siswa hasilnya siswa mengakui kesulitan belajar selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

"Mayoritas mengalami kesulitan memahami pelajaran. Kurang konsentrasi, tidak dapat bertanya langsung kepada guru sehingga kebiasaan tatap muka bisa interaksi langsung, memahami mata pelajaran langsung dari guru," kata Totok dalam rapat dengan Komisi X, Kamis (9/7/2020).

Kurangnya konsentrasi, interaksi hingga gangguan internet membuat pembelajaran di rumah dinilai peserta didik lebih sulit.

"Ketika belajar dari rumah itu membutuhkan perjuangan yang cukup tinggi," ucap Totok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.